Respons COVID-19, Unhas Sediakan Layanan Konsultasi Psikologi Gratis

Melibatkan tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa

Makassar, IDN Times - Harus diakui, situasi wabah COVID-19 di seluruh dunia, disadari atau tidak, telah memengaruhi kesehatan mental banyak orang. Oleh karena itu, Universitas Hasanuddin melalui Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran menghadirkan layanan konsultasi psikologi secara gratis untuk khalayak umum.

"Ini berawal dari banyaknya kami menerima keluhan psikologis yang muncul setelah Covid-19 mewabah. Beberapa dosen Psikologi Unhas sering dihubungi oleh masyarakat yang terdampak secara psikis," jelas dosen Psikologi Unhas, Andi Juwita Amal, S.Psi., M.Psi., dalam rilis pers yang diterima IDN Times pada hari Kamis (2/4).

"Sayangnya, konsultasi tatap muka saat ini tidak memungkinkan. Untuk itu Prodi Psikologi kemudian tergerak untuk membuat jasa layanan konsultasi secara online," lanjutnya.

1. Tim Prodi Psikologi Unhas membuka layanan konsultasi psikologi gratis untuk masyarakat

Respons COVID-19, Unhas Sediakan Layanan Konsultasi Psikologi GratisDok. Istimewa/IDN Times

Tak cuma dampak fisik, masyarakat juga berpotensi mendapat dampak psikis. Terlebih semenjak pemerintah mengimbau agar warganya melakukan aktivitas seperti bekerja dan belajar di rumah.

Belum lagi menghindari kerumunan, menjaga jarak serta menghentikan interaksi yang melibatkan fisik. Juwita menyebut beberapa emosi negatif akan terasa, mulai dari marah, sedih hingga hilangnya harapan.

"Ketidakstabilan emosi berpeluang sangat besar mengganggu aktivitas keseharian manusia. Tentu saja kendala-kendala psikis lain yang mungkin muncul akan kami bahas dengan pendekatan berbeda," sambung Juwita.

2. Dibentuk sebagai perhatian atas kondisi mental masyarakat di tengah wabah pandemi COVID-19

Respons COVID-19, Unhas Sediakan Layanan Konsultasi Psikologi GratisANTARA FOTO/Arnas Padda

Sebagai bentuk perhatian atas kondisi mental masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar, Prodi Psikologi Unhas pun menginisiasi sebuah layanan konsultasi secara daring (online) yang melibatkan dosen hingga mahasiswa.

Juwita menjelaskan bahwa orang-orang bisa menceritakan segala persoalan yang mereka hadapi selama masa pandemi ini. Mulai dari keadaan batin hingga perasaan yang muncul setelah berhari-hari melakukan aktivitas di dalam rumah.

"Selanjutnya, setelah selesai kita akan lakukan penyesuaian waktu antara klien dan psikolog untuk kemudian melakukan konsultasi online melalui jaringan yang telah kami siapkan," jelasnya.

Baca Juga: Diisolasi, Eks Rektor Unhas Curhat Minimnya APD di Rumah Sakit Rujukan

3. Masyarakat bisa mendaftar layanan ini secara daring lewat situs yang disediakan atau melalui aplikasi pesan WhatsApp

Respons COVID-19, Unhas Sediakan Layanan Konsultasi Psikologi GratisDok. Istimewa/IDN Times

Juwita berharap layanan konsultasi ini bisa menjadi wadah masyarakat untuk meringankan kendala-kendala psikis yang mereka rasakan. Sehingga, segala kendala dapat diatasi sedini mungkin.

"Saat ini kita tidak hanya memerlukan fisik yang prima, namun juga mental yang prima. Dengan adanya gerakan ini, mental prima yang diharapkan ada pada masyarakat dapat terwujud," tutupnya.

Bagi masyarakat yang hendak menggunakan layanan konsultasi online ini, bisa langsung dengan mengakses situs http://med.unhas.ac.id/psikologi/konsultasi atau menghubungi WhatsApp 085243855407. Layanan ini terbuka dari hari Senin hingga Jumat, dengan jam kerja mulai dari pukul 09.00 WITA sampai 17.00 WITA.

Baca Juga: Bantu Perangi Corona, Alumni Teknik Mesin Unhas Rakit Swab Chamber

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya