[FOTO] Peluh Warga Pulau Sulawesi demi Minyak Goreng Harga Manusiawi

Potret antrean pasar murah di Sungguminasa, Kendari dan Palu

Makassar, IDN Times - Antre seolah menjadi tambahan aktivitas rakyat, terutama ibu rumah tangga. Kali ini, masyarakat harus mengular jauh hingga ke belakang untuk memperoleh minyak goreng. Kelangkaan salah satu komoditas primer tersebut amat mencekik kelas menengah ke bawah. Maka pemandangan antrian lazim ditemui selama dua pekan terakhir, termasuk di Pulau Sulawesi.

Harga minyak goreng memang meroket antara dua hingga tiga kali lipat. Laporan ANTARA pada Selasa kemarin, 15 Maret 2022, menyebut bahwa banderolnya di sejumlah pasar tradisional Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mencapai Rp70 ribu per liter. Alhasil masyarakat cuma dihadapkan pada dua pilihan: merogoh kocek dalam-dalam, atau mengantre berjam-jam.

Berikut IDN Times menghimpun foto suasana antrean pasar murah minyak goreng di Sungguminasa, Kendari dan Palu, dari kantor berita ANTARA.

1. Pasar Sentral Sungguminasa jadi tempat operasi pasar digelar untuk penduduk ibu kota Kabupaten Gowa tersebut dan sekitarnya

[FOTO] Peluh Warga Pulau Sulawesi demi Minyak Goreng Harga ManusiawiWarga membeli minyak goreng saat operasi di Pasar Sentral Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (16/3/2022). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

2. Demi minyak goreng harga Rp13 ribu per liter, seorang ibu bahkan rela mengajak sang buah hati ikut mengantre di Pasar Sentral Sungguminasa

[FOTO] Peluh Warga Pulau Sulawesi demi Minyak Goreng Harga ManusiawiWarga antre untuk membeli minyak goreng saat operasi pasar di Pasar Sentral Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (16/3/2022). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

3. Ratusan warga menyemut di Kantor Disperindag Sultra di Kendari pada Selasa kemarin (15/3/2022) untuk mendapat minyak goreng dari pasar murah. Banyak sudah mengantre sejak jam 5 pagi

[FOTO] Peluh Warga Pulau Sulawesi demi Minyak Goreng Harga ManusiawiFoto udara antrean warga untuk membeli minyak goreng di operasi pasar murah yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tenggara di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (15/3/2022). (ANTARA FOTO/Jojon)

4. Rasa syukur salah satu warga Kendari setelah cukup lama mengantre ditunjukkan dengan mencium kemasan komoditas yang kini dinyatakan langka tersebut

[FOTO] Peluh Warga Pulau Sulawesi demi Minyak Goreng Harga ManusiawiWarga mencium minyak goreng kemasan yang dibelinya setelah mengantre di operasi pasar murah yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tenggara di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (15/3/2022). (ANTARA FOTO/Jojon)

5. Ada senang, ada juga kesedihan. Seperti ibu di balik pagar Kantor Disperindag Sultra ini yang tak kuasa menahan air mata lantaran gagal mendapat kartu antrean

[FOTO] Peluh Warga Pulau Sulawesi demi Minyak Goreng Harga ManusiawiSeorang ibu menangis di balik pagar besi akibat tidak mendapatkan kartu antrean minyak goreng di operasi pasar murah yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tenggara di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (15/3/2022). (ANTARA FOTO/Jojon)

6. Juga pada hari Selasa kemarin (15/3/2022), ratusan warga Palu memenuhi halaman Kantor UPT P2K Pau untuk mengikuti pasar murah, kerja sama Disperindag Sulteng dan sejumlah distributor

[FOTO] Peluh Warga Pulau Sulawesi demi Minyak Goreng Harga ManusiawiWarga mengantre saat membeli minyak goreng yang dijual di operasi pasar murah di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (15/3/2022). (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

7. Berdesak-desakan jadi bentuk perjuangan para pembeli demi menjaga dapur tetap mengepul, dan meja makan agar tetap hidup dengan suara piring serta sendok

[FOTO] Peluh Warga Pulau Sulawesi demi Minyak Goreng Harga ManusiawiPetugas melayani warga yang membeli minyak goreng di operasi pasar murah di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (15/3/2022). (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Baca Juga: Stok Minyak Goreng di Manado Masih Terbatas

8. Sejumlah daerah menggelar pasar murah selama beberapa hari, tapi dengan jumlah pembelian per orang yang tetap dibatasi

[FOTO] Peluh Warga Pulau Sulawesi demi Minyak Goreng Harga ManusiawiWarga mengantre saat membeli minyak goreng yang dijual di operasi pasar murah di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (15/3/2022). (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Kelangkaan minyak goreng membuat Polri bahkan turun tangan untuk mengawasi distribusi dan memburu para penimbun. Di sisi lain, Bank Indonesia yakin harganya akan stabil jelang bulan puasa seiring meningkatnya suplai di pasar.

Data boleh berbicara, hukum sudah ikut bertindak. Tapi masyarakat tetap harus mengantre sendiri.

Baca Juga: Polisi Ungkap Terduga Penimbun Ratusan Dus Minyak Goreng di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya