Bandara Haluoleo Kendari Pasang Thermoscanner Pendeteksi Virus Corona

Bandara Kendari pintu masuk TKA pekerja tambang

Makassar, IDN Times - Seiring dengan virus Corona yang sedang mewabah di Tiongkok dan sejumlah negara Asia Timur lainnya, pihak otoritas bandara di seluruh Indonesia mulai melakukan pengecekan terhadap seluruh penumpang yang baru mendarat. Salah satunya yakni Bandara Haluoleo di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Sebuah alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner) milik Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendari telah dipasang tepat di terminal kedatangan. Ini ditempuh demi mencegah masuknya virus Corona sedini mungkin.

1. Meski bukan bandara internasional, Bandara Haluoleo juga diminta untuk melakukan pencegahan

Bandara Haluoleo Kendari Pasang Thermoscanner Pendeteksi Virus Corona(Ilustrasi) ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Safruddin, Kepala Bandara Haluoelo, menyebut langkah ini sebagai antisipasi. Apalagi virus Corona berpotensi menyebar melalui wisatawan mancanegara atau Tenaga Kerja Asing (TKA) seperti asal Tiongkok, Jepang, Korea Selatan dan banyak lagi.

"Meskipun Bandara Haluoleo bukan bandara internasional, kita harus tetap waspada jangan sampai virus itu masuk ke Sulawesi Tenggara. Ini dilakukan meski para penumpang dari luar negeri, termasuk TKA, sudah lebih dulu melalui scanner di Bandara Internasional seperti Soetta (Jakarta) dan lain-lain," ujarnya, seperti dikutip dari laman kantor berita Antara pada Kamis (23/1).

2. Selain thermal scanner, pihak Bandara Haluoleo juga menyiagakan tenaga medis

Bandara Haluoleo Kendari Pasang Thermoscanner Pendeteksi Virus Corona(Ilustrasi) ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Sesuai instruksi dari pusat, pihak Bandara Haluoleo Kendari akan melakukan pengawasan intens terhadap para penumpang yang baru saja tiba melalui thermal scanner yang ditempatkan di ujung eskalator terminal kedatangan.

Selain itu, turut disiagakan sejumlah tenaga medis jika sewaktu-waktu diketahui suhu tubuh salah satu penumpang ternyata melampaui 38 derajat celcius. Sang penumpang akan segera diminta melakukan pengecekan kesehatan lebih lanjut.

Baca Juga: Heboh Virus Corona, Angkasa Pura I Perketat Cek Kesehatan di Bandara

3. Virus Corona saat ini mewabah di sejumlah negara tempat asal TKA

Bandara Haluoleo Kendari Pasang Thermoscanner Pendeteksi Virus CoronaANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu

"Meski demikian, kami tetap menjaga kenyamanan penumpang. Semoga dengan isu ini warga tidak merasa ketakutan untuk datang di bandara karena kita telah melakukan langkah-langkah antisipasi," lanjutnya.

Bandara Haluoleo selama ini dikenal sebagai pintu gerbang para TKA yang bekerja pada sektor tambang nikel Sultra, tepatnya di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe (38 kilometer dari Kota Kendari). Tujuan lainnya yakni tambang nikel Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, yang berbatasan langsung dengan Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Virus Corona Menyebar ke Beberapa Negara, Investor Mulai Waspada 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya