Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri sebelum Menikah

Apakah kamu menikah dengan kemauan sendiri?

Menikah merupakan salah satu hal yang paling didambakan oleh banyak orang. Pernikahan yang indah dan selalu dikelilingi kebahagiaan, tentu menjadi impian semua orang yang telah menikah.

Namun, menikah bukan hanya soal hal yang indah-indah saja setelah sepakat mengikrarkan janji bersama. Ada banyak hal yang harus Anda pastikan sebelum Anda betul-betul memutuskan untuk menikah.

Berikut lima pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum memantapkan langkah untuk menikah dengan sang kekasih hati, dikutip dari yourtango(dot)com . Apa saja?

1. Apakah kamu mencintai dia apa adanya?

5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri sebelum MenikahIlustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Thiều Hoàng Phước)

Mencintai seseorang apa adanya, bukan hanya sekadar kalimat biasa. Karena setelah menikah, kamu akan melihat setiap hal tentang dia yang terkadang di luar dugaan.

Ingat, orang yang kamu nikahi adalah dia yang menemanimu menikmati kehidupan sampai tua. Pertanyaan-pertanyaa sederhana yang mesti kamu jawab, antara lain:

Apakah kamu menyukai cara dia berpakaian?

Apakah kamu suka sikap dia di sebuah pesta?

Apakah kamu menyukai teman-temannya?

Memang sulit untuk mengetahui apa yang kamu inginkan dari pasanganmu di masa depan.

Di sisi lain, jika orang yang kamu nikahi mungkin tidak sempurna tetapi punya hal yang buat kamu senang, maka pernikahan yang sukses akan bisa terjadi.

Lagi pula, jika kamu dapat menyetujui hal-hal itu dari sekarang, kemungkinan besar kamu akan dapat menyetujui hal-hal itu di masa mendatang.

2. Apakah kamu sekadar ingin menikah?

5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri sebelum MenikahPixabay/pexels

Bagi wanita, sejak usia dini  dibombardir dengan gagasan 'bahagia selamanya.' Dan 'bahagia selamanya' dengan acara pernikahan yang luar biasa dan gaun indah yang hanya dipakai sekali saja.

Banyak gadis memimpikan pernikahan yang ideal. Dan acara reality TV menunjukkan kepadanya pernikahan over-the-top karena FOMO, ingin dimiliki oleh banyak orang.

Jadi hal ini harus dipertimbangkan dengan serius jika kamu memilih menikah karena hanya ingin menjadi bintang pada sebuah acara pesta pernikahan.

Karena hari besar kamu penuh dengan pusat perhatian, di mana orang-orang akan menghujani kamu dengan hadiah dan pestapun akan berakhir.

3. Apakah kamu menikah karena waktu?

5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri sebelum MenikahPixabay/vetonethemi

Dalam banyak hal, pernikahan itu menular. Apakah ada orang di sekitar kamu yang sudah menikah, sudah menetap di suatu tempat, mungkin membeli rumah dan punya bayi?

Dan, apakah kamu merasakan iri, dan berpikir bahwa itulah kehidupan yang kamu inginkan?

Mari untuk berhenti sejenak dan mempertimbangkan apakah itu benar-benar kehidupan yang kamu inginkan. Dan jika ya, apakah itu kehidupan yang Anda inginkan sekarang?

Jadi, yuk mulai sekarang pertimbangkan apakah kamu akan menikah karena ''waktu'' atau kamu melakukannya karena cinta yang telah kamu rasakan untuk orang tersebut.

4. Apakah kamu menikah untuk diri sendiri?

5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri sebelum MenikahPixabay/OlcayErtem

Banyak tekanan di luar sana, oleh tetangga, keluarga dan teman-teman, agar kamu segera menikah.

Kamu harus ingat, semua orang mendambakan kebahagiaan selamanya. Namun, setiap orang memiliki pendapat tentang kapan dan di mana pernikahan harus dilaksanakan.

Apakah kamu menikah karena kamu tahu bahwa pasanganmu adalah orang yang kamu inginkan untuk selamanya, atau hanya karena semua orang percaya bahwa dia adalah orang yang tepat untuk kamu.

Padahal, mereka tidak berada dalam hubungan kamu, yang belum tentu melihat atau merasakan apa yang kamu rasakan.

Ini adalah salah satu keputusan terpenting dalam hidup kamu, karena itu menikahlah untuk diri kamu sendiri, bukan untuk orang lain.

5. Apakah nilai, adat dan tujuan kamu menikah benar-benar sejalan?

5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri sebelum MenikahPixabay/StockSnap

Sekali lagi, pernikahan itu bagi banyak orang merupakan hal menyenangkan. Dan bagian penting dari pernikahan yang sehat adalah nilai, tujuan, dan tradisi yang selaras.

Nilai, tradisi dan tujuan yang selaras bukan hanya mencakup pada kedua pasangan. Ada baiknya hal itu juga terjadi pada keluarga besar keduanya. Karena hal ini dapat berdampak pada hubungan kamu di masa mendatang.

Nah itulah 5 hal penting yang harus benar-benar dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menikah. Ingat ya, guys!

Baca Juga: Di Atas Semua Agama, Dasarnya Itu Cinta

AL KAHPI Photo Community Writer AL KAHPI

Ingin fokus menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya