Comscore Tracker

Arti Financial Freedom dan 5 Cara Mencapainya di Usia Muda

Perkuat fondasi penghasilanmu dengan aset

Financial freedom adalah keadaan dimana kamu memiliki cukup uang dan kekayaan untuk menjadi jaminan hidupmu tanpa harus memikirkan nominal lagi. Ada orang yang mencapai financial freedom di usia pensiun setelah mengumpulkan kekayaan selama ia bekerja, tapi lebih hebatnya lagi kalau bisa mencapainya di usia muda. 

Siapa pun bisa mencapai financial freedom dalam hidupnya. Terlepas dari usia dan latar pekerjaannya karena setiap orang punya definisi kemandirian finansial yang berbeda.

Kalau kamu bertekad untuk mencapainya di usia muda tentu tidak mudah, namun bukan berarti mustahil karena bisa diusahakan dengan beberapa cara seperti di bawah ini. 

Baca Juga: 5 Kekacauan Finansial yang Membahayakan Masa Depan

1. Stabil dalam karier

Arti Financial Freedom dan 5 Cara Mencapainya di Usia Mudailustrasi kerja (pexels.com/Karolina Grabowska)

Cara pertama untuk mencapai financial freedom di usia muda ialah dengan menjaga stabilitas dalam bekerja. Yang mana jangan ada penurunan dalam pekerjaanmu, usahakan stabil atau bahkan meningkat dari waktu ke waktu. 

Jenis pekerjaannya boleh apa saja, namun semakin tinggi penghasilan yang kamu dapatkan makan semakin memungkinkan untuk mencapai financial freedom di usia muda. Karena kalau gajimu tinggi tentu untuk menabung dan investasi jangka panjang dari itu juga bisa dengan mudah, kan?

2. Menjalani gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan

Arti Financial Freedom dan 5 Cara Mencapainya di Usia Mudailustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal ini sangat penting untuk bisa mencapai financial freedom, yang mana kamu sebaiknya menjalani gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan. Atau bahkan lebih baik lagi kalau gaya hidupmu lebih sederhana dari kemampuanmu yang sebenarnya. 

Misalnya, kamu mungkin mampu-mampu saja kalau bergaya hidup mewah, tapi kamu lebih memilih sederhana untuk bisa menyimpan uang lebih banyak. Dengan begitu akan lebih mudah bagimu untuk mencapai financial freedom di usia muda karena uang yang kamu punya gak habis untuk kebutuhan hidup sendiri. 

3. Perkuat fondasi penghasilanmu

Arti Financial Freedom dan 5 Cara Mencapainya di Usia Mudailustrasi kerja (pexels.com/Kampus Production)

Cara lainnya untuk mencapai financial freedom di usia muda ialah dengan memperkuat fondasi penghasilanmu. Dalam hal ini sangat disarankan untuk memiliki sumber penghasilan lebih dari satu untuk menjamin hidupmu ke depannya. 

Tidak hanya bergantung pada penghasilan dari pekerjaan utamamu, kamu juga punya income lain dari aset atau bahkan investasi yang memberi keuntungan jangka panjang. Karena semakin kuat fondasi penghasilanmu maka semakin cepat kamu mencapai financial freedom

4. Perbanyak aset yang berkembang jangka panjang

Arti Financial Freedom dan 5 Cara Mencapainya di Usia Mudailustrasi beli rumah (pexels.com/Kindel Media)

Cara keempat untuk mencapai financial freedom tentu saja harus dimulai dengan memperbanyak aset yang berpotensial. Pilih jenis aset yang memiliki potensial berkembang yang tinggi untuk jangka panjang. 

Karena dengan adanya aset yang berkembang dalam jangka panjang tentu membuat keuanganmu jadi terjamin untuk jangka panjang juga. Seperti aset perumahan, sekolah, tanah, perhiasan, hingga bangunan yang terus berguna sampai bertahun-tahun ke depan. 

5. Utamakan kebutuhan hidup utama dibanding kesenangan sesaat

Arti Financial Freedom dan 5 Cara Mencapainya di Usia Mudailustrasi belanja (pexels.com/Jack Sparrow)

Terakhir, kalau mau benar-benar mencapai financial freedom di usia muda maka pastikan kamu bisa menetapkan prioritas hidup. Yang mana kamu harus mengutamakan kebutuhan pokok hidupmu dibanding kesenangan sesaat. 

Tahan godaan untuk tidak pergi liburan setiap kali ada tabungan yang cukup banyak, tidak membeli barang yang sifatnya konsumtif dan gengsi. Dengan kata lain prinsipmu harus kuat dalam menjaga prioritas hidup ini agar bisa mencapai financial freedom

Terlepas dari apa jenis pekerjaanmu dan berapa usiamu, gak ada kemustahilan untuk mencapai financial freedom. Intinya kamu harus mau berusaha dan lakukan lima cara tadi untuk bisa mencapainya di usia muda. 

Baca Juga: Anak Muda Makin Sulit Beli Rumah? Cus Ikuti 4 Tips Berikut Ini

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya