Comscore Tracker

7 Dewa Perang dari Berbagai Mitologi Bangsa di Dunia, Melegenda!

Mereka adalah sosok yang kuat dan ditakuti musuh

Mitologi adalah salah satu hal yang menarik untuk dibahas. Pasalnya mitologi sebenarnya adalah sebuah ilmu yang berisi tentang keberadaan dewa-dewa maupun pahlawan di masa lalu yang memiliki tafsir dan makna tentang kejadian asal usul manusia. Berbeda dari mitos yang hanya merujuk cerita maupun dongeng di masa lampau, mitologi ini adalah ilmu yang mempelajari cerita-cerita tersebut. 

Mitologi dalam eksistensinya tak lepas dari yang namanya dewa-dewi. Sebab sebagian besar mitologi lahir dari kisah-kisah yang berbau keagamaan. Dewa dan dewi dalam mitologi ini biasanya menguasai suatu kekuatan, kekuasaan maupun jabatan. Nah, kali ini kita akan membahas 7 dewa perang dari berbagai mitologi di dunia. Yuk, simak sampai habis!

1. Ares (Mitologi Yunani)

7 Dewa Perang dari Berbagai Mitologi Bangsa di Dunia, Melegenda!ilustrasi Dewa Ares (worldhistory.org)

Ares adalah putra dari Zeus dan Hera yang termasuk dalam 12 Dewa Olimpus. Ares merupakan dewa perang yang memiliki tombak perunggu, baju perang yang bercahaya, serta kereta perang yang ditarik oleh 4 kuda emas yang menyemburkan api yaitu Aithon (api merah), Konabos (kekacauan), Flogios (nyala api), dan Fobos (rasa takut). Salah satu pertempurannya yang terkenal adalah Perang Troya di mana karena godaan Afrodit, Ares tidak jadi membela Yunani dan malah berakhir membantu pasukan Troya.

Ares digambarkan sebagai dewa yang haus darah yang merupakan perwujudan kebrutalan dan kekerasan. Dia merupakan dewa yang senang melihat kekacauan yang melibatkan penghancuran kota-kota dan pembantaian manusia. Berdasarkan hal itu, Ares menjadi dewa yang dibenci oleh oleh para dewa di Olimpus. Nah, gimana menurut kalian tentang Ares ini?

2. Mars (Mitologi Romawi)

7 Dewa Perang dari Berbagai Mitologi Bangsa di Dunia, Melegenda!ilustrasi Dewa Mars (worldhistory.org)

Mars adalah dewa perang yang merupakan putra dari Yuno dan Jupiter. Dalam mitologi Romawi diceritakan bahwa Mars memiliki senjata berupa sebuah tameng dan tombak yang panjang sebagai simbol order and peace. Dalam peperangan, Mars memiliki dua pengawal yaitu Bellona (dewi perang), dan Discordia (dewi pertikaian).

Mars memiliki sebagian besar mitos yang mengaitkannya dengan Dewa Ares, dari mitologi Yunani. Namun, Mars dianggap lebih berkepala dingin dibanding Ares lho. Pada mulanya Mars merupakan dewa pertanian karena pada zaman dahulu rakyat Roma sebagian besar adalah petani. Setelah Romawi semakin kuat dalam peperangan barulah Mars dianggap sebagai dewa perang. Wah, menarik juga ya cerita dewa yang satu ini.

3. Horus (Mitologi Mesir)

7 Dewa Perang dari Berbagai Mitologi Bangsa di Dunia, Melegenda!ilustrasi Dewa Horus (mythologysource.com)

Horus dianggap sebagai dewa perang dari mitologi Mesir atau Egypt, yang merupakan putra dari Isis dan Osiris. Horus memiliki senjata berupa tombak yang ia gunakan untuk melawan musuhnya termasuk Set, pamannya sendiri. Pertempuran antara Horus dan Set merupakan salah satu yang populer dikarenakan Horus menuntut balas atas kematian ayahnya, Osiris.

Perwujudan Horus sendiri adalah elang yang merupakan dewa pelindung Nekhen. Menurut kepercayaan Mesir, raja (firaun) adalah manifestasi Horus saat masih hidup lho. Bagaimana menurut kalian?

4. Tyr (Mitologi Nordik)

7 Dewa Perang dari Berbagai Mitologi Bangsa di Dunia, Melegenda!ilustrasi Dewa Tyr (worldhistory.org)

Tyr merupakan dewa perang, anak dari Odin dan Hymir. Tyr merupakan dewa yang memiliki satu tangan, lho. Dia diceritakan mengorbankan tangannya kepada serigala bernama Fenrir. Tyr juga memiliki pedang ajaib bernama Tyrfing yang ditempa oleh para kurcaci. 

Walaupun sebagai dewa perang, Tyr menggunakan kekuatan dan kebijaksanaannya untuk menghentikan perang daripada memulainya. Dewa yang cinta perdamaian ya ternyata.

5. Huitzilopochtli (Mitologi Aztek)

7 Dewa Perang dari Berbagai Mitologi Bangsa di Dunia, Melegenda!ilustrasi Dewa Huitzilopochtli (newyorklatinculture.com)

Huitzilopochtli adalah putra Omecίhuatl dan Ometecuhtli atau dalam versi lain disebutkan dia adalah keturunan Coatlίcue, dewi bumi tertinggi. Dewa ini memiliki senjata pelempar tombak berbentuk ular (atl-atl) yang melambangkan Xiuhcóatl ular api, perisai, dan panah berbulu atau anak panah dan dicat dengan lengan dan kaki biru. 

Huitzilopochtli dapat dilambangkan dengan burung kolibri dengan bulu di helmnya atau seekor elang yang duduk di atas kaktus pir berduri yang memegang ular di salah satu cakarnya. Menurut kepercayaan Aztek, pertempuran antara Coyolxauhqui dan Huitzilopochtli merupakan penjelasan bergantinya siang dan malam dikarenakan Coyolxauhqui dan Huitzilopochtli mewakili bulan dan matahari. Wah, cukup unik ya!

6. Indra (Mitologi Hindu) 

7 Dewa Perang dari Berbagai Mitologi Bangsa di Dunia, Melegenda!ilustrasi Dewa Indra (nationalheraldindia.com)

Indra adalah dewa perang dalam mitologi Hindu yang merupakan putra Aditi dan Kasyapa. Dewa yang satu ini biasanya digambarkan memiliki kulit merah dan empat lengan. Bajra adalah senjata yang dimilikinya yang diciptakan oleh Wiswakarma yang konon dapat mengeluarkan petir.

Pertempuran yang terkenal adalah saat melawan Vritra, naga yang menyebabkan kekeringan yang merupakan musuhnya sebagai dewa hujan. Vritra diceritakan kalah dari Indra sehingga ia melepaskan semua air yang ditahannya. Wah, dewa yang kuat ya!

Baca Juga: Kisah Tragis Berakhirnya Kekuasaan Dua Raja Zalim di Tanah Bugis

7. Guan Yu (Mitologi Tiongkok)

7 Dewa Perang dari Berbagai Mitologi Bangsa di Dunia, Melegenda!ilustrasi Dewa Guan Yu (chinahighlights.com)

Guan Yu merupakan dewa perang dan merupakan putra dari Guan Yi. Dia digambarkan memiliki tubuh yang tinggi besar, berjenggot panjang dan wajahnya berwarna merah kehitaman dengan jubah hijau. Guan Yu memiliki senjata yaitu Guan Dao yang dinamakan "Pedang bulan sabit naga hijau". 

Guan Yu dianggap berperan penting dalam perang saudara yang memecah dinasti Han dan memasuki era tiga kerajaan yaitu Wei, Wu, dan Shu. Indonesia memiliki patung Guan Yu lho. Lebih tepatnya patung ini berada di Kelenteng Kwan Sing Bio, Tuban. Bagaimana, tertarik untuk melihatnya langsung gak?

Nah, itu dia 7 dewa perang dari berbagai mitologi di dunia. Mana nih yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: Kisah Prajurit Bugis dan Makassar di Keraton Jogja

Putri Amelia Photo Community Writer Putri Amelia

Suka makan dan nonton film

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya