Comscore Tracker

Nostalgia Sejarah, Ini 10 Potret Suasana Kota Sinjai 100 Tahun Lalu

Mulai dari Sungai Tangka hingga Benteng Balangnipa

Dikenal sebagai pusat kabupaten, Kota Sinjai sejatinya memiliki sejarah panjang. Salah satu tonggaknya yakni pada 1557, ketika penguasa Federasi Tellu LimpoE mendirikan sebuah benteng di tepian Sungai Tangka. Wilayah tempat kubu pertahanan tersebut berada kini menjadi Kelurahan Balangnipa. Kelak Balangnipa juga menjadi kota administratif dari Onderafdeling Sindjai.

Namun, seperti apa Sinjai pada tempo dulu? Berikut IDN Times menyusun 10 foto suasana Bumi Panrita Kitta seabad lalu. Semuanya berasal dari arsip milik lembaga ilmiah Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies (KITLV).

1. Seperti ini pemandangan salah satu pasar di Kota Sinjai pada 1920. Kemungkinan besar lokasinya berada di sekitar Sungai Tangka

Nostalgia Sejarah, Ini 10 Potret Suasana Kota Sinjai 100 Tahun LaluSuasana sebuah pasar di Kota Sinjai pada tahun 1920. (Dok. Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies/KITLV)

2. Pasar bagi masyarakat zaman dulu adalah tempat untuk bersosialisasi, bertemu keluarga dan kerabat yang juga datang berbelanja

Nostalgia Sejarah, Ini 10 Potret Suasana Kota Sinjai 100 Tahun LaluSuasana sebuah pasar di Kota Sinjai pada tahun 1898. (Dok. Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies/KITLV)

3. Pemandangan salah satu pemukiman penduduk yang kini menjadi wilayah Kelurahan Balangnipa

Nostalgia Sejarah, Ini 10 Potret Suasana Kota Sinjai 100 Tahun LaluSuasana pemukiman di Kota Sinjai pada tahun 1898. (Dok. Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies/KITLV)

4. Menurut keterangan foto, ini adalah kediaman salah satu orang Eropa (kemungkinan besar Belanda) di Sinjai. Tapi tak disebutkan siapa nama pemilik rumah ini

Nostalgia Sejarah, Ini 10 Potret Suasana Kota Sinjai 100 Tahun LaluRumah salah satu orang Eropa yang di Kota Sinjai pada tahun 1898. (Dok. Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies/KITLV)

5. Salah satu sudut lain pemukiman Sinjai akhir abad ke-19. Tampak dari kejauhan rombongan warga sedang mendorong pedati

Nostalgia Sejarah, Ini 10 Potret Suasana Kota Sinjai 100 Tahun LaluSebuah jembatan sederhana yang berada di Kota Sinjai, tahun 1898. (Dok. Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies/KITLV)

6. Sungai Tangka menjadi salah satu tempat warga Sinjai beraktivitas sejak tempo dulu

Nostalgia Sejarah, Ini 10 Potret Suasana Kota Sinjai 100 Tahun LaluAktivitas warga di tepi Sungai Tangka, Kota Sinjai, pada tahun 1898. (Dok. Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies/KITLV)

7. Kemungkinan besar para orang Eropa dalam foto ini adalah pejabat Hindia-Belanda dan pemilik perkebunan di sekitar Kota Sinjai

Nostalgia Sejarah, Ini 10 Potret Suasana Kota Sinjai 100 Tahun LaluOrang-orang Eropa sedang menghadiri sebuah acara atau upacara yang berlangsung di tepi Sungai Tangka, Kota Sinjai, tahun 1898. (Dok. Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies/KITLV)

8. Hamparan sawah dalam foto seolah mempertegas Sinjai sebagai wilayah lumbung beras sejak masa lampau

Nostalgia Sejarah, Ini 10 Potret Suasana Kota Sinjai 100 Tahun LaluPemandangan sawah milik penduduk Kota Sinjai pada tahun 1898. (Dok. Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies/KITLV)

9. Benteng Balangnipa pada tahun 1898 masih berfungsi sebagai asrama dan tempat calon tentara KNIL dilatih oleh para perwira

Nostalgia Sejarah, Ini 10 Potret Suasana Kota Sinjai 100 Tahun LaluPemandangan bagian luar Benteng Balangnipa di Kota Sinjai pada tahun 1898. (Dok. Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies/KITLV)

Baca Juga: Mengenal Benteng Balangnipa, Saksi Bisu Perjuangan Rakyat Sinjai

10. Kini Benteng Balangnipa menjadi salah satu destinasi wisata sejarah andalan Kabupaten Sinjai, sekaligus tempat acara kesenian biasa dihelat

Nostalgia Sejarah, Ini 10 Potret Suasana Kota Sinjai 100 Tahun LaluPemandangan bagian dalam Benteng Balangnipa di Kota Sinjai pada tahun 1898. (Dok. Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies/KITLV)

Itu tadi 10 foto suasana Kota Sinjai di Sulawesi Selatan tempo dulu. Sepertinya, gedung yang masih bertahan hingga sekarang cuma Benteng Balangnipa.

Baca Juga: Potret Maros Seabad Lalu, Bantimurung hingga Benteng Fort Valkenburg

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya