Comscore Tracker

9 Film Ini Mengisahkan tentang Kehebatan Otak Manusia, Sudah Nonton?

Hal aneh dan tak masuk di akal bisa saja terjadi

Film-film fiksi ilmiah sering kali menawarkan konsep di luar akal sehat dan nalar manusia. Misalnya saja film fiksi ilmiah yang mengangkat cerita tentang bencana besar seperti War of the Worlds atau San Andreas. Film seperti ini sangat digemari karena memberikan penonton waktu untuk berpikir dan berspekulasi.

Film bergenre fiksi ilmiah juga sering mengangkat kisah tentang akal pikiran manusia. Seperti tentang mimpi atau kemampuan luar biasa dari otak manusia. Otak manusia diciptakan untuk menghasilkan hal-hal yang luar biasa dan sepertinya film fiksi ilmiah berhasil mengangkat sudut pandang itu.

Di bawah ini adalah 9 film yang mengisahkan tentang kehebatan dari otak manusia. Kamu pernah nonton yang mana?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Pemenang Cannes Film Festival di KlikFilm

1. The Truman Show (1998)

https://www.youtube.com/embed/3F8H-QZKTsc

Kehidupan dari seorang bernama Truman Burbank (Jim Carrey) menjadi acara TV yang ditonton jutaan orang. Tidak seperti kebanyakan reality show lainnya, Truman sama sekali tidak menyadari bahwa kamera tersembunyi merekam setiap gerak-geriknya. Keluarganya, teman-temannya, dan bahkan tetangganya, semuanya memakai kamera dan berpura-pura tidak ada hal aneh yang terjadi.

The Truman Show mengisahkan dunia yang dikuasai oleh organisasi bawah tanah. Kehidupan Truman dikendalikan oleh Christof (Ed Harris) yang dapat memanipulasi cuaca. Awalnya semua rencana Chrsitof berjalan mulus, samap di mana ada bagian yang terlepas dari kendalinya seperti cahaya halogen yang jatuh dari langit, dan membuat Truman bertanya-tanya apa yang menyebabkan peristiwa aneh ini terjadi.

2. The Butterfly Effect (2004)

https://www.youtube.com/embed/B8_dgqfPXFg

Melompati waktu dapat menyebabkan efek samping yang sama dengan yang dialami oleh Evan (Ashton Kutcher) dalam The Butterfly Effect. Evan harus kehilangan sebagian memorinya dan mencatat ingatannya di dalam jurnalnya. Setiap kali dia melompat ke masa lalu dan mengubah satu detail atau kejadian, ini akan berdampak drastis pada masa depan tempat dia kembali.

Evan akhirnya ingin membatalkan tindakan apa pun yang menyebabkan dia kehilangan ingatannya. Meskipun tidak ingin menyebabkan kerusakan di masa lalu, ini masih menciptakan efek domino yang mengakibatkan konsekuensi buruk bagi Evan dan orang yang dicintainya di masa depan.

3. Inception (2010)

https://www.youtube.com/embed/Qwe6qXFTdgc

Beberapa mimpi bisa begitu nyata sehingga bisa terasa bahwa mimpi bukanlah mimpi tapi sebuah kenangan. Sebuah mimpi menjadi lanskap ideal bagi Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) dan timnya yang berniat menanamkan ide di alam bawah sadar seorang C.E.O. Ariadne (Elliot Page) adalah arsitek yang membangun dunia mimpi dan mengontrol elemen di dalamnya.

Mimpi memiliki banyak lapisan dan memengaruhi setiap mimpi yang lainnya. Semakin jauh Dom Cobb dan timnya memasuki mimpi, semakin sulit bagi mereka untuk keluar. Dom mengandalkan keahliannya untuk membantunya menguraikan mimpi. 

4. Limitless (2011)

https://www.youtube.com/embed/4TLppsfzQH8

Bagaimana jika sebuah pil memungkinkan otak untuk memanfaatkan potensi penuhnya? Eddie Morra (Bradley Cooper) melampaui batas otaknya ketika dia setuju untuk meminum pil. 

Pil itu memberi Eddie kemampuan untuk menjadi ahli di segala bidang baik itu linguistik atau matematika. Setelah meminum pil itu, hidup Eddie berubah drastis dari tinggal di apartemen menjadi rumah mewah. Namun, kehidupan Eddie yang sempurna terganggu setelah dia merasakan efek samping dari pil itu, tetapi Eddie tidak bisa berhenti minum pil untuk menghentikan efek sampingnya.

5. Source Code (2011)

https://www.youtube.com/embed/mnJegNyAb1w

Colter Stevens (Jake Gyllenhaal) terbangun di atas kereta api dengan suara Christina Warren (Michelle Monaghan) berbicara kepada Sean Fentress yang merupakan seorang guru, dan bukan Colter. Alam bawah sadar Colter telah ditanamkan ke Sean, dan seperti Sean, Colter harus menyelidiki individu yang bertanggung jawab menempatkan bom dan menghentikan bom itu sebelum meledak.

Colter hanya memiliki 8 menit untuk mencari tahu siapa dalang di balik semua ini. Ketika kehabisan waktu, Colter akan kembali ke awal. Meskipun kembali ke awal, Colter masih mengingat informasi dari kejadian sebelumnya.

6. Cloud Atlas (2012)

https://www.youtube.com/embed/ByehYal_cCs

Beberapa timeline terhubung dalam film Cloud Atlas. Tom Hanks dan Halle Berry mengambil memerankan banyak karakter di berbagai timeline mulai tahun 1849 menjadi seorang dokter hingga tahun 1930-an menjadi seorang komposer dan pada tahun 1970-an menjadi seorang jurnalis dan seorang ilmuwan.

Bahkan jika mereka adalah individu yang tampaknya tidak memiliki hubungan satu sama lain, mereka masih saling mempengaruhi dalam beberapa hal.

7. Edge of Tomorrow (2014)

https://www.youtube.com/embed/vw61gCe2oqI

Time loops menciptakan kenyataan yang sulit dihindari bagi banyak orang termasuk Mayor William Cage. Mayor William Cage (Tom Cruise) adalah seorang prajurit yang berperang melawan alien yang tidak bisa dihancurkan. William Cage adalah salah satu dari sedikit orang yang sadar bahwa dia terjebak dalam lingkaran waktu tanpa akhir, satu-satunya orang lain yang menyadari hal ini adalah Rita (Emily Blunt).

Untuk mematahkan time loops, mereka harus memenangkan perang melawan alien. Bagi William Cage, itu artinya ia harus menggunakan senjata yang lebih canggih lagi untuk mengalahkan alien dan menghentikan fenomena aneh ini.

8. Synchronic (2019)

https://www.youtube.com/embed/XGCrg1OAYfs

Gigitan ular hanyalah salah satu kecelakaan yang dilaporkan di New Orleans. Steve (Anthony Mackie) dan Dennis (Jamie Dornan) percaya kejadian ini disebabkan oleh obat psikedelik yang menghasilkan efek halusinasi bagi penggunanya. Steve mengambil pil untuk mengamati efeknya dan mengetahui bahwa pil tersebut memungkinkan penggunanya untuk melakukan perjalanan waktu ke lokasi di mana mereka mengambil pil itu.

Perjalanan waktu di Synchronic mempengaruhi penggunanya dengan cara dilukai atau dibunuh di masa lalu akan menjadi penyebab kematian mereka begitu mereka kembali ke periode waktu tertentu. Selain memeriksa obat sintetis, Steve dan Dennis juga berniat untuk menemukan orang hilang.

9. Everything Everywhere All at Once (2022)

https://www.youtube.com/embed/wxN1T1uxQ2g

Tumpukan tagihan tergeletak di meja Evelyn Wang (Michelle Yeoh). Ini adalah salah satu Evelyn yang ada di alam semesta khusus ini. Di seluruh alam semesta lain ada versi Evelyn yang berbeda, semuanya dengan karier, dan gaya hidup yang berbeda.

Everything Everywhere All At Once memperluas konsep multiverse, di mana Evelyn dapat memanfaatkan keterampilan, ingatan, dan kekuatan dari versinya yang lain. Ini membantunya dalam menemukan ancaman yang bermaksud untuk menghancurkan keberadaan multiverse

Film-film di atas membuat kamu yang menontonnya merasa bingung atau bahkan membuat kamu merasa mind blowing dengan jalan ceritanya. Gimana, kamu sudah pernah nonton yang mana nih?

Baca Juga: 8 Rekomendasi Film Favorit Bertema Hukum, Belajar Lewat Film!

Bima Kristian Pranoto Photo Community Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya