Comscore Tracker

Serius tapi Jenaka ala Kapal Udara di Video Musik "Kasidah Ria"

Mengangkat tema pertentangan magis dan logis

Makassar, IDN Times - Band folk asal Makassar, Kapal Udara, kembali merilis video musik dari salah satu album debutnya yakni Suakajiwa. Setelah "Di Ujung Pandang", kini giliran "Kasidah Ria" yang berkesempatan diberi presentasi visual.

Video musik untuk lagu berdurasi 3 menit 12 detik tersebut sudah diunggah ke kanal YouTube resmi Kapal Udara pada Senin lalu (11/4/2022). Disutradarai oleh Yoga Pratama dan bekerjasama dengan Battersi Creative Studio, "Kasidah Ria" sarat dengan kejenakaan.

1. Mengemas tema serius lagu menjadi sebuah video klip jenaka

https://www.youtube.com/embed/2npKQ9IQsPg

Diperankan oleh Indra Jaya, video musik "Kasidah Ria" menceritakan seorang pria yang meski hidup di tengah modernitas kota, ternyata pikirannya masih diisi beragam takhayul dan ketakutan.

"Pria ini mempercayai kesialan-kesialan dalam hidup datang karena adanya hal magis di sekitarnya. Pria ini juga percaya berbagai persoalan dalam hidup bisa secara instan diselesaikan dengan sejumlah ritual," ujar gitaris Kapal Udara, Saleh Hariwibowo, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Kamis (14/4/2022).

2. Lagu "Kasidah Ria" mengangkat pertarungan magis dan logis di hidup sehari-hari

Serius tapi Jenaka ala Kapal Udara di Video Musik Kasidah RiaBand folk asal Makassar, Kapal Udara, saat tampil dalam acara festival Soundstations yang digelar di Lapangan Hasanuddin, November 2018. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Video musik ini sesuai dengan isi lagu "Kasidah Ria", yang menceritakan irisan dan pertentangan antara agama dan sains, magis dan logis, dan bahkan takdir dan kehendak manusia.

"Banyak orang mengambil jalan pintas dalam hidupnya dengan membuat kesimpulan-kesimpulan seperti 'memang sudah takdirnya', 'saya sial karena melanggar pamali', dan sebagainya," jelas pria yang biasa disapa Ale tersebut.

"Padahal segala sesuatu bisa dijelaskan secara rasional dengan melihat sebab akibat," imbuhnya.

Baca Juga: Theory of Discoustic Rilis Single Terbaru: 'Songkabala'

3. Video musik tersebut sudah ditonton lebih dari 1.400 kali

Serius tapi Jenaka ala Kapal Udara di Video Musik Kasidah RiaKapal Udara, band folk asal Kota Makassar (Instagram.com/kapaludara)

Berbicara lebih jauh tentang makna lagu "Kasidah Ria", Ale mengambil contoh fenomena kemiskinan dan kerusakan alam, banyak orang yang menerimanya sebagai sekadar takdir atau cobaan dari Tuhan.

"Bagi Kapal Udara, semuanya tidak terjadi begitu saja, kemiskinan dan kerusakan alam harus juga dilihat sebagai bentuk ketidakadilan dan keserakahan manusia," pungkasnya.

Hingga artikel ini dibuat, video musik sepanjang 3 menit 58 detik tersebut sudah ditonton sebanyak 1.400 kali.

Baca Juga: Karya Terbaru Kapal Udara, Eksplorasi Personal di Suakajiwa

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya