Comscore Tracker

4 Tempat Nongkrong dengan Nuansa Alam di Makassar, Pikiran Jadi Segar!

Ada di pusat kota, tepi sawah hingga pesisir pantai

Butuh tempat nongkrong dengan nuansa alam? Gak cuma me time, kamu juga bisa merasakan sejuk pepohonan di tengah-tengah riuhnya suasana Kota Makassar. Nah, IDN Times punya saran beberapa tempat yang cocok untuk sejenak melepas penat.

Ada yang terletak di pusat kota, tepi persawahan dan kawasan pesisir pantai. Menunya beragam, mulai dari menu tradisional sampai makanan western. Berikut ini empat tempat  rekomendasi kami.

1. La Buana Cafe and Resto

4 Tempat Nongkrong dengan Nuansa Alam di Makassar, Pikiran Jadi Segar!Suasana di dalam area pengunjung LaBuana Cafe & Homestay, salah satu kafe bernuansa alam di Makassar. (Instagram.com/labuana)

Alamat : Jl. Urip Sumoharjo No. 60, Kel. Maccini, Kec. Makassar

LaBuana Cafe & Homestay membuka daftar pendek ini. Kafe yang terletak tepat di tepi salah satu jalan utama Makassar tersebut dikenal sebagai salah satu tempat andalan untuk merayakan ulang tahun atau acara syukuran keluarga. Untuk acara organisasi atau bersama teman-teman satu geng? Boleh banget.

Menu yang ditawarkan LaBuana cukup terjangkau, berada di kisaran Rp15 ribu hingga Rp35 ribu. Salah satunya yakni roti mantau, penganan tradisional khas Sulawesi Selatan. Makanan pun ada, mulai dari ayam geprek rica hingga nasi goreng seafood.

2. Mark Trees Cafe

4 Tempat Nongkrong dengan Nuansa Alam di Makassar, Pikiran Jadi Segar!Suasana teras dan bagian dalam Mark Trees Cafe, salah satu kafe bernuansa alam di Makassar. (Instagram.com/marktreescafe)

Alamat : Jl. Gunung Batu Putih No. 2, Kel. Mangkura, Kec. Ujung Pandang

Buka sejak tahun 2014, Mark Trees jadi tempat andalan anak muda Makassar jika ingin nongkrong sambil melepas penat dengan suasana alam. Mulai dari area pintu masuk sampai ke area pengunjung, ratusan tumbuhan yang tertata rapi siap menyambut. Tiba di bagian dalam, dedaunan pun menjadi penghias dinding.

Untuk menu, Mark Trees menyediakan minuman hingga makanan. Menu andalan mereka antara lain roti croissant dengan berbagai varian rasa; brownies, spicy aglio olio, ice hazelnut latte, chicken salted egg dan mac and cheese.

3. Rumah Kecil

4 Tempat Nongkrong dengan Nuansa Alam di Makassar, Pikiran Jadi Segar!Suasana area pengunjung Rumah Kecil, salah satu kafe bernuansa alam di Makassar. (Instagram.com/rumahkecil_mks_antang)

Alamat : Jl. Pannara Lr. 100, Kel. Antang, Kec. Manggala

Terletak cukup jauh dari jalan utama, akses masuk menuju Rumah Kecil adalah gang kecil yang tak bisa dilalui jalan bermotor. Namun begitu tiba, pengunjung disambut rindang pepohonan dan pemandangan hamparan sawah nan hijau. Gak lupa, suara percikan air dan kicau burung melengkapi suasana pedesaan.

Dengan konsep awal sebagai tempat bertemunya pelaku kesenian kota Makassar, maka menu yang ditawarkan pun sederhana. Mulai dari ubi goreng, bakso, dan banyak varian jus buah. Harganya berkisar Rp5 ribu hingga Rp20 ribu.

Baca Juga: Beach Stone's Suguhkan Nuansa La Plancha Seminyak Bali di Makassar

4. The Beach Stone's

4 Tempat Nongkrong dengan Nuansa Alam di Makassar, Pikiran Jadi Segar!Suasana di area pengunjung The Beach Stone's, kafe dengan nuansa alam di Makassar. (Instagram.com/the.beachstones)

Alamat : Kawasan Pantai Tanjung Bayang, Jl. Metro Tanjung Bunga, Kel. Tanjung Merdeka, Kec. Tamalate

The Beach Stone's baru beroperasi pada September 2020, tapi kafe didapuk sebagai salah satu tongkrongan kekinian. Terletak di tepi pantai, suasanyanya sedikit banyak mengingatkan pada La Plancha, salah satu destinasi wisata favorit di Pulau Bali. Mulai dari gazebo hingga meja bundar.

Beberapa menu andalan mereka antara lain chicken katsu, spaghetti chicken, woku chicken with rice, brulee bomb dan salteg egg chicken. Gak ketinggalan minuman seperti red velvet, rainbow mojito hingga coffee beer.

Baca Juga: 5 Kafe di Makassar dengan Konsep Vintage-Minimalis, Ngopi Lebih Asyik!

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya