Comscore Tracker

Perluas Jaringan, Mercedes Benz Resmikan Diler Baru di Makassar

Dipadukan konsep lifestyle, dilengkapi coffee shop

Makassar, IDN Times - PT Mercedes-Benz Distributor Indonesia rupanya melihat Makassar sebagai bagian penting dari ekspansi bisnis. Untuk itu mereka menggandeng PT Kumala Bintang Cemerlang sebagai diler baru di Makassar yang diresmikan di Jalan AP Pettarani Kav.E -18 No E-11, Tidung, Senin (24/2).

PT Kumala Bintang Cemerlang dipilih karena terletak di daerah strategis dan area bisnis Kota Makassar. Selain itu juga telah menerapkan sepenuhnya Mercedes-Benz Basic Presentation System II (MPS II Basic) sebagai tolak ukur global dalam memberikan pengalaman pelanggan, yang dilengkapi dengan identitas perusahaan Mercedes-Bens.

Head of Sales Operation and Produce Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan, ini merupakan kali pertama Mercedes-Benz melakukan kerja sama dengan Kumala Group.

"Kumala merupakan partner yang cocok bagi kami ditunjang pengalaman otomotif yang sudah sangat panjang dari para owner profesionalitas sehingga jadi dasar kami Kumala sebagai partner kami," kata Kariyanto.

Baca Juga: Keren dan Mewah, Ini Istimewanya Mercedes Benz New CIBO dan Vito 

1. Makassar dianggap pasar potensial

Perluas Jaringan, Mercedes Benz Resmikan Diler Baru di MakassarPeresmian diler Mercedes-Benz di Makassar, Senin (24/2). IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Kariyanto, perkembangan Kota Makassar sebagai hub di Indonesia Timur menjadi salah satu alasan untuk melakukan ekspansi bisnis dengan membuka jaringan resmi. Potensi bisnis di Makassar dinilai akan terus berkembang seiring dengan perkembangan infrastruktur dan ekonomi.
 
"Kami melihat perkembangan wilayah Indonesia timur ini sangat pesat, khususnya kota Makassar. Jadi karena itulah menjadi salah satu alasan kami untuk memperluas jaringan dengan menjalin kerja sama dengan Kumala Grup untuk membuka authorized Mercedes Benz Diler di Makassar," kata Kariyanto.

2. Diler menawarkan sejumlah faslitas untuk pelanggan

Perluas Jaringan, Mercedes Benz Resmikan Diler Baru di MakassarPeresmian diler Mercedes-Benz di Makassar, Senin (24/2). IDN Times/Asrhawi Muin

Diler resmi Mercedes-Benz PT Kumala Bintang Cemerlang merupakan yang ke-23 di Indonesia dan telah disertifikasi 3S, yaitu Sales, Device, Sparepart. Diler ini berlokasi di gedung berlantai empat yang terletak di tanah seluas 2.200 meter persegi, dengan luar bengkel 576 meter persegi, termasuk empat work bays. Area showroom juga menawarkan ruang untuk menampilkan empat kendaraan secara permanen.

Selain itu, PT Kumala Bintang Cemerlang juga menawarkan layanan fasilitas demo car yang meliputi berbagai varian kendaraan Mercedes-Benz untuk rest Drive kepada calon pelanggan sebagai bagian dari proses pemilihan dan keputusan untuk membeli. Ditambah lagi, diler ini juga menyediakan fasilitas priority service kepada pelanggan seperti service interval (Assyst A).

"Para pelanggan dapat mendaftarkan kendaraan mereka untuk layanan service melalui pemesanan lebih awal," kata Kariyanto.

3. Diler baru dipadukan dengan konsep lifestyle

Perluas Jaringan, Mercedes Benz Resmikan Diler Baru di MakassarSalah satu sudut di diler Mercedes-Benz di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Di sisi lain, PT Kumala Bintang Cemerlang enggan tampil dengan biasa-biasa saja. Selain fasilitas yang umumnya disediakan diler kendaraan seperti ruang pamer atau showroom dan sparepart, Diler baru ini juga dilengkapi coffee shop

President Director of PT Kumala Bintang Cemerlang, Jody Kosasih, mengatakan hal ini dilakukan selain untuk melayani pelanggan setia Mercedes-Benz juga untuk menarik perhatian calon pelanggan. 

"Karena tujuan kami hadir di sini utamanya adalah untuk memberikan pengalaman yang baru dengan memiliki kendaraan Mercedes-Benz, memberikan servis yang terbaik lah. 

Jody mengklaim, konsep diler yang memadukan showroom dengan coffee shop ini merupakan yang pertama kali di Indonesia. Sebab mereka ingin mendekatkan produk dengan calon pelanggan.  

"Kalau dulu orang agak canggung masuk ke showroom Mercedes-Benz kalau belum ada rencana pembelian. Tapi dengan konsep yang menggabungkan lifestyle space seperti ini orang mungkin niat pertamanya untuk ngopi tapi sambil melihat-lihat suatu saat ada rejeki tinggal bisa datang untuk melakukan pembelian," kata Jody.

Baca Juga: 3 Tip Merawat Kaki-kaki Mobil agar Tetap Nyaman Seperti Mobil Baru

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya