Comscore Tracker

Baju Baru Jangan Dipakai Dulu Sebelum Dicuci! Ini Kata Ahli

Fakta-faktanya bisa bikin kamu tercengang

Beli baju baru memang menyenangkan. Kadang saking senang dan gak sabar untuk dipakai, kamu gak mencuci bajunya. Kemudian langsung kamu pakai begitu saja. Kamu pikir, itu gak masalah. Toh, ini masih baru. Baju masih bersih dari pabrik dan belum kena kotoran.

Eh, serius masih bersih? Kamu yakin? Sebentar lagi pendapat kamu akan runtuh begitu tahu hasil penelitian ini. Simak, ya hasil penyelidikan dari tim CBS 21 ini!

1. Tim CBS 21 memulai penyelidikan dengan membeli baju dari toko baju baru dan toko second hand, di mana mereka membawanya untuk penyelidikan oleh Profesor Leena Patterkine

Baju Baru Jangan Dipakai Dulu Sebelum Dicuci! Ini Kata Ahlietsy.com

Beberapa macam baju yang akan diteliti adalah kaus polo, celana panjang, dress, dan sepatu. Sebagai tambahan, celana dalam yang terkemas dalam kotak pun dibawa.

Tim CBS 21 membawa pakaian tersebut ke laboratorium sains di Universitas Harrisburg. Profesor Bioteknologi, Leena Patterkine kemudian mengambil sample dengan menggosokkan cotton bud pada permukaan baju. Sample itu kemudian disimpan dalam petri dish dan diinkubasi.

2. Setelah 24 jam diinkubasi, hasilnya mengejutkan! Ditemukan bakteri pada bagian kerah baju yang bekas dan baru!

Baju Baru Jangan Dipakai Dulu Sebelum Dicuci! Ini Kata Ahlianaman.net

Ya, ada bakterinya. Untuk kaos polo yang baru, terdeteksi sempat dicoba orang dan bakterinya menempel pada bagian leher. Sedangkan kaos polo yang bekas, diduga tidak dicuci dengan benar oleh pemilik sebelumnya.

3. Sedangkan celana panjang, baik baru maupun bekas, memiliki tanda bakteri, tapi jejak bakterinya dapat terbilang kecil

Baju Baru Jangan Dipakai Dulu Sebelum Dicuci! Ini Kata Ahlii1os.com

4. Uniknya, sepatu bekas yang dijual di toko second hand bebas bakteri, yang sangat berkebalikan dengan sepatu yang masih gres di toko

Baju Baru Jangan Dipakai Dulu Sebelum Dicuci! Ini Kata Ahlitrivostudio.com

Leena Patterkine menunjukkan sepatu yang dijual di toko barang-barang baru, menunjukkan adanya bakteri yang tumbuh. Sebaliknya, sepatu dari toko second hand benar-benar bebas bakteri.

Baca Juga: Hey Ladies, Tips Cepat Memperbaiki Pakaian Ini Perlu Kamu Pelajari

5. Yang lebih mengejutkan, celana dalam baru pun tak lepas dari bakteri. Bayangkan jika bakteri tersebut mengganggu area vitalmu!

Baju Baru Jangan Dipakai Dulu Sebelum Dicuci! Ini Kata Ahliiguang.tw

Pakaian dalam baru dalam kemasan kotak adalah jenis pakaian yang terakhir diteliti. Benar-benar tak bisa dipercaya, ada bakteri tumbuh di dalamnya. Wujud bakterinya melingkar dan bewarna kuning. Jenis bakteri yang satu ini, benar-benar berbeda dibandingkan bakteri yang ditemukan pada kaos.

6. Kalau kamu tidak percaya, coba simak video penyelidikan tim CBS 21 berikut ini!

7. Kalau dipikir-pikir, penelitian tersebut ada benarnya, karena bukankah pakaian baru di toko boleh dicoba pelanggan sebelum dibeli?

Baju Baru Jangan Dipakai Dulu Sebelum Dicuci! Ini Kata Ahlilifestylebyjoules.com

Seandainya kamu beli baju atau sepatu di toko, kamu pasti tidak langsung membelinya kan? Kamu mencobanya terlebih dahulu di ruang pas. Saat kamu mencoba, keringatmu mungkin menempel. Tanganmu pun bisa jadi usai memegang uang atau makanan. Kemudian, kamu langsung memegang baju di hanger atau tumpukan baju sale. Bukankah ini penyebaran bakteri yang sangat potensial?

Kamu juga tidak akan pernah tahu, bagaimana proses pembuatan baju dari pabrik hingga ke tanganmu. Mungkin saja ada kandungan kimia yang bisa membawa bakteri. Mungkin juga sebelum sampai ke tanganmu, pakaian tersebut sudah sempat dipajang di beberapa outlet. Karena kurang laku, baju didistribusikan ke tempat lain.

8. Saran terbaik dari para ahli adalah mencuci baju yang baru dibeli dan bila memungkinkan, cucilah dengan air bersuhu tinggi kemudian jemur di bawah terik matahari

Baju Baru Jangan Dipakai Dulu Sebelum Dicuci! Ini Kata Ahlireference.com

Jika ingin lebih efektif lagi, penggunaan pemutih (bleach) bisa dilakukan untuk jenis baju tertentu. Untuk sepatu, kamu bisa menggunakan kain anti bakteri dan lap bagian dalamnya. Jika ingin mencoba baju di kamar pas, pastikan kamu tidak melepas baju yang dipakai dari rumah. Dengan begitu, bakteri tidak langsung mengenai kulit.

Sekarang, biasakan mencuci baju baru maupun bekas yang kamu beli ya! Kamu gak mau kan kesehatan kamu terganggu gara-gara bakteri berbahaya?

Baca Juga: Jika Koleksi Bajumu Dominan Berwarna Hitam, Ada Makna Tersembunyi di Baliknya!

Topic:

  • M Gunawan Mashar

Just For You