Waspada! Pencuri Beraksi di Tengah Wabah COVID-19

Pelaku beraksi di Sekretariat AJI Makassar

Makassar, IDN Times - Selain meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona, kamu juga patut berhati-hati terhadap aksi kejahatan. Sebab pelaku kriminal nampaknya tidak berhenti beroperasi di tengah wabah.

Salah satu peristiwa pencurian terjadi di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Makassar, Jalan Toddopuli VII, Kecamatan Manggala, Jumat (10/4). Pada kejadian itu pelaku membawa kabur sejumlah peralatan elektronik. Lokasi juga merupakan posko Jurnalis Peduli Kemanusiaan yang menggalang donasi untuk bantuan alat pelindung diri (APD) tenaga medis.

"Dua laptop sama dua handphone yang diambil sama pencurinya," kata Didit Hariyadi, salah satu pengurus AJI Makassar yang jadi korban pencurian, Jumat.

Baca Juga: Tindak Tegas, Polisi Tembak Tiga Perampok di Makassar

1. Pelaku diduga beraksi saat lokasi sedang lengang

Waspada! Pencuri Beraksi di Tengah Wabah COVID-19Sekretariat AJI Makassar disatroni pencuri. IDN Times/Istimewa

Didit mengatakan, maling membawa kabur perangkat elektronik di lantai dua sekretariat. Pelaku diduga beraksi saat semua penghuni masih tidur. Hilangnya barang-barang baru disadari sekitar pukul 7.00 Wita. Didit sempat bangun salat Subuh sekitar pukul 5.00 Wita, dan mendapati barang-barangnya masih ada.

"Selesai salat saya lihat itu laptop sama HP di atas meja tersimpan seperti biasa. Barang yang lain di kamar," katanya.

Didit baru sadar kehilangan barang, saat dibangunkan Ketua AJI Makassar Nurdin Amir, yang juga jadi korban pencurian. "Pak ketua sempat teriak dari lantai satu, kalau kita kebobolan pencuri. Setelah diperiksa semua, baru ditahu kalau barang-barang hilang," ucap jurnalis Tempo itu.

Pelaku diduga masuk lewat pintu depan yang tidak terkunci. Sedangkan pagar dalam tergembok namun dol.

2. Polisi tengah memburu para pelaku pencur

Waspada! Pencuri Beraksi di Tengah Wabah COVID-19ilustrasi. (IDN TImes/Sukma Shakti)

Kejadian itu telah dilaporkan ke Polsek Manggala. Kanit Reskrim Polsek Manggala Iptu Syamsuddin mengatakan, telah menerima laporan resmi jurnalis korban pencurian. "Tadi pagi rekan-rekan jurnalis korban sudah laporkan ke kami. Anggota saya masih di lapangan," kata Syamsuddin dikonfirmasi terpisah.

Saat ini kata Syamsuddin, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kasus pencurian Sekretariat AJI Makassar. "Kita Insyallah maksimalkan penyelidikan dan kita berdoa mudah-mudahan pelaku kita bisa segera tangkap," imbuhnya.

3. Pelaku kriminal manfaatkan situasi lengah di tengah wabah

Waspada! Pencuri Beraksi di Tengah Wabah COVID-19Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo. IDN Times/Sahrul Ramadan

Baru-baru ini tim Resmob Polda Sulawesi Selatan meringkus komplotan perampok yang memanfaatkan kelengahan warga di tengah pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Kabid Humas Polda Kombes Ibrahim Tompo melalui keterangan resminya, Kamis, mengatakan bahwa tiga pelaku merupakan perampok yang kerap beraksi pada malam hari.

Para pelaku yang diamankan itu masing-masing berinisial NA (30), DI (30), dan Ran (30). Ketiganya mengaku telah memasuki rumah korban di Jalan Pinus dan Toddopuli Makassar dengan cara menodongkan sebilah parang dan anak panah ke arah korbannya.

"Tiba-tiba mereka masuk saja dengan santai ke rumah korbannya dan langsung menodongkan parang, lalu menggasak harta benda korbannya," ucap Ibrahim dikutip dari Antara.

Ibrahim menyatakan bahwa para pelaku memanfaatkan situasi warga yang sedang berdiam diri dalam rumah. Mereka beraksi ketika korbannya sedang lengah.

"Kami minta kepada masyarakat di tengah pandemi ini untuk tetap waspada. Imbauan pemerintah tetap dijalankan, tetap berada dalam rumah untuk sementara waktu. Mengenai adanya tindak kejahatan, akan diurus oleh kepolisian," katanya.

Baca Juga: Masuk Zona Merah Corona, Warga Makassar Jumatan di Rumah Saja

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya