Comscore Tracker

Viral Emak-Emak Berkerumun Joget di Atas Kapal Pinisi Wisata Makassar

Pengelola Kapal Pinisi Nusantara akui lalai awasi wisatawan

Makassar, IDN Times - Video emak-emak berkerumun sambil joget di atas kapal Pinisi Nusantara di sekitar Pantai Losari Makassar, viral di media sosial. Dari video yang beredar luas di Instagram hingga Whatsapp, sejumlah ibu-ibu tampak tidak menerapkan protokol kesehatan.

Dalam video berdurasi 38 detik itu, nampak sekumpulan orang yang didominasi perempuan berbaju putih tanpa mengenakan masker, berjoget ria di atas kapal dengan iringan musik menghentak. Mereka mengelilingi sebuah meja makan sembari tertawa-tawa dan tanpa menjaga jarak.

1. Emak-emak yang berjoget ria di Kapal Pinisi merupakan wisatawan

Viral Emak-Emak Berkerumun Joget di Atas Kapal Pinisi Wisata MakassarTangkapan layar video viral emak-emak joget bareng di atas Kapal Pinisi Nusantara di Pantai Losari Makassar. Dok. IDN Times/Istimewa

Menanggapi video itu, pihak pengelola kapal wisata Pinisi Nusantara, Ahmad Zulkarnaen Zaenal mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Jumat, 10 September 2021. "Kejadian itu terjadi saat para tamu (kapal) menyelesaikan makan malam," kata Zaenal kepada jurnalis, Selasa (14/9/2021).

Zaenal menjelaskan, saat itu kapal tengah dikunjungi banyak tamu dalam suatu kegiatan. Mereka merayakan kegembiraan saat kapal dalam perjalanan bersandar kembali di tepian Pantai Losari. "Terjadi euforia saat itu," jelasnya.

2. Tamu kapal wisata tidak terkontrol dan terjadi kelalaian

Viral Emak-Emak Berkerumun Joget di Atas Kapal Pinisi Wisata MakassarIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Zaenal tak menampik bahwa pihaknya lalai mengawasi para pengunjung Kapal Pinisi. Tamu wisata yang kegirangan menjadi tidak terkontrol saat merayakan akhir kegiatan mereka. "Makanya mereka lepas masker dan memang saat itu terjadi kelalaian," ungkap Zaenal.

Zaenal menjelaskan, kegiatan wisata saat itu hanya berlangsung malam hari. Sebelum berwisata, ia mengaku pihaknya telah mengedukasi para wisatawan agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama berada di atas kapal. "Karena kondisi saat ini kan kita masih pandemik," ucapnya.

Baca Juga: Terinspirasi Kapal Pinisi, Begini Desain Renovasi Stadion Mattoanging

3. Kapal wisata hanya memuat setengah dari kapasitas muatan maksimal

Viral Emak-Emak Berkerumun Joget di Atas Kapal Pinisi Wisata MakassarIlustrasi Infrastruktur (Kapal Laut) (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut kata Zaenal, sejak pandemik, kapal wisata Pinisi Nusantara di Makassar hanya menampung 25 orang, dari 75 orang kapasitas maksimal dalam sekali beroperasi. Sebelum naik, petugas bahkan memeriksa ketat kondisi kesehatan wisatawan. "Mulai dari cek suhu tubuh, masker sampai imbauan lainnya," terangnya.

Zaenal menambahkan, telah mengevaluasi petugas kapal. Evaluasi internal untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang. "Sehingga kita tidak kecolongan lagi dan terjadi kekhilafan dari wisatawan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ketat di kapal ini," imbuhnya.

Baca Juga: 7 Fakta Pinisi Kapal Buatan Tangan Suku Bugis Telah Menjelajahi Dunia

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya