Comscore Tracker

Unjuk Rasa Hari Tani Nasional Ricuh, 9 Mahasiswa Makassar Ditangkap

Bentrok bagian dari unjuk rasa Hari Tani Nasional

Makassar, IDN Times - Sembilan mahasiswa di Makassar ditangkap setelah terlibat bentrok dengan aparat kepolisian. Bentrokan terjadi di sela unjuk rasa mahasiswa memperingati Hari Tani Nasional di depan Kantor DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumiharjo, Kamis (24/9/2020).

"Pada saat kita lakukan pengamanan ada beberapa pihak, oknum dari mereka yang mencoba tidak sepatutnya. Melakukan (dugaan) tindak pidana termasuk pengeroyokan," kata Kasat Sabhara Polrestabes Makassar Kompol Wahyu Basuki saat ditemui di kantornya, Kamis malam.

1. Lima mahasiswa ditangkap lebih awal di depan Kantor DPRD Makassar

Unjuk Rasa Hari Tani Nasional Ricuh, 9 Mahasiswa Makassar DitangkapKasat Sabhara Polrestabes Makassar Kompol Wahyu Basuki. IDN Times/Sahrul Ramadan

Wahyu mengatakan, dari sembilan mahasiswa tersebut, lima di antaranya ditangkap lebih awal di depan Kantor DPRD Sulsel di sela ricuh unjuk rasa dengan petugas kepolisian. Oknum yang tergabung dalam barisan mahasiswa, kata Wahyu, mencoba melakukan provokasi.

"Mereka menutup jalan, kemudian berubah menjadi kemacetan yang panjang. Apa lagi ini masih suasana COVID-19. Kami sudah imbau tapi mereka melakukan perlawanan," ungkap Wahyu.

2. Empat mahasiswa ditangkap di depan Kantor Polrestabes Makassar

Unjuk Rasa Hari Tani Nasional Ricuh, 9 Mahasiswa Makassar DitangkapKasat Sabhara Polrestabes Makassar Kompol Wahyu Basuki. IDN Times/Sahrul Ramadan

Lebih lanjut Wahyu mengatakan, empat mahasiswa lainnya ditangkap saat kembali berunjuk rasa di depan kantor Polrestes Makassar, sekitar pukul 18.30 WITA. Penangkapan dilakukan sebagai buntut dari aksi protes mahasiswa kepada polisi yang menangkap rekan mereka.

"Mereka tadi tutup jalan juga ke (depan) Polres. Waktu kami imbau untuk tidak menutup jalan, ada beberapa di antara mereka yang melawan. Sehingga ada terjadi lempar helm dengan anggota," jelas mantan Kapolsek Ujung Pandang ini.

Unjuk rasa di Kantor Polrestabes malam ini, lanjut Wahyu, merupakan bentuk solidaritas mahasiswa terhadap rekan-rekannya yang ditangkap. "Untuk itu kami masih selidiki lagi lebih lanjut mereka yang ditahan. Masih diperiksa," ungkap Wahyu.

Baca Juga: 13 Mahasiswa Jadi Tersangka Perusakan Fasilitas DPRD Makassar

3. Tiga polisi dikabarkan terluka

Unjuk Rasa Hari Tani Nasional Ricuh, 9 Mahasiswa Makassar DitangkapAnggota Polrestabes Makassar mengamankan lokasi unjuk rasa mahasiswa. IDN Times/Sahrul Ramadan

Selain itu, lanjut Wahyu, dalam insiden bentrok mahasiswa, tiga orang anggota polisi terluka. Satu bertugas di jajaran Sabhara dan satu anggota Tim Penikam lingkup Polrestabes Makassar. Satu lainnya anggota Polsek Panakkukang.

"Salah satunya ada anggota yang jarinya patah. Anggota yang luka sedang dirawat untuk pemulihan medis di sini (Polrestabes Makassar," ujar Wahyu.

Baca Juga: 16 Mahasiswa yang Demo Anggaran COVID-19 Makassar Diamankan Polisi

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya