Comscore Tracker

Tiga Bioskop XXI di Makassar Mulai Beroperasi Hari ini

Pembukaan bioskop sudah dapat izin pemerintah

Makassar, IDN Times - Bioskop Cinema XXI mulai beroperasi di tiga lokasi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, per hari ini, Sabtu (21/11/2020). Bioskop yang tutup selama pandemi dibuka kembali setelah mendapat izin dari Pemerintah Kota.

Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI Dewinta Hutagaol, dalam siaran persnya, menyatakan manajemen bioskop menyambut baik kebijakan pemerintah. Pihaknya mengoperasikan kembali usaha dengan mengikuti syarat protokol kesehatan.

"Cinema XXI berkomitmen untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah," kata Dewinta dalam rilisnya yang diterima Sabtu.

Baca Juga: Pemkot Makassar Akhirnya Izinkan Bioskop Buka Lagi

1. Pengunjung tidak diperbolehkan makan dan minum di dalam studio

Tiga Bioskop XXI di Makassar Mulai Beroperasi Hari iniPengunjung melintas di depan jadwal film yang akan diputar di salah satu bioskop di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (4/11/2020). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Dewinta mengatakan, pembukaan kembali bioskop masih dalam tahap uji coba. Tiga lokasi CInema XXI yang sudah buka, masing-masing di Mall Panakkukang, Trans Studio Mall, dan Makassar Town Square.

Cinema XXI membuka bioskop dengan membatasi penonton jadi 50 persen dari kapasitas studio. Penonton harus selalu menggunakan masker. Selain itu penonton tidak diperkenankan makan dan minum di dalam studio, sebab mengharuskan mereka membuka masker. Makan dan minum cuma bisa pada lokasi tertentu di lobi.

"Serta mewajibkan pengunjung untuk bertransaksi tiket serta makan dan minum secara online melalui aplikasi," ujarnya.

2. Tersedia papan informasi terkait protokol kesehatan bagi pengunjung

Tiga Bioskop XXI di Makassar Mulai Beroperasi Hari iniIlustrasi. Bioskop di Jakarta mulai dibuka pada Rabu (21/10/2929) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Lebih lanjut, kata Dewinta, pihaknya menyediakan papan informasi sehingga pengunjung bisa mengetahui protokol kesehatan yang berlaku di bioskop. Dia berharap penonton bisa bekerja sama dengan pengelola dengan selalu taat menjalankan protokol kesehatan.

"Saat uji coba pembukaan kembali bioskop, kami berupaya melakukan yang terbaik," ucap Dewinta. 

3. Sebagian warga masih ragu menonton di bioskop

Tiga Bioskop XXI di Makassar Mulai Beroperasi Hari iniWarga melintas di dekat mural bergambar simbol orang berdoa menggunakan masker yang mewakili umat beragama di Indonesia di kawasan Juanda, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (18/6/2020) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Bioskop di Makassar sudah tutup selama sekitar delapan bulan, seiring masa pandemi. Seorang penggemar film, Taufik mengatakan, dia sudah merindukan suasana dan pengalaman menonton di studio. Tapi dengan situasi saat ini, dia masih berpikir panjang untuk kembali berkunjung ke sana.

"Kalau saya pribadi belum begitu berani kembali nonton di bioskop. Karena kita tidak pernah tahu siapa yang bawa ini virusnya masuk," ucap Taufik.

Taufik mengatakan dia memilih menahan diri dan menunggu sampai situasi betul-betul normal. Sebagai gantinya, menonton film secara daring jadi pilihan.

"Atau bisa beli saja kaset atau nonton di rumah. Kalau sudah normal kondisi baru nonton lagi di bioskop," kata dia.

Baca Juga: Bakal Tayang Pertama di Bioskop, Ini Sinopsis dari Film 'Asih 2'

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya