Polisi Kantongi Identitas 3 Pelaku Lain Penyerangan Mahasiswa FH UMI

Para pelaku masih dalam pengejaran

Makassar, IDN Times - Kepolisian daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) mengantongi identitas pelaku lain dalam kasus penyerangan mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Sebelumnya, Polisi lebih dahulu menetapkan tiga orang tersangka penyerangan. Ketiga yang teridentifikasi merupakan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) UMI itu masing-masing adalah, MYZ (19), IR (20), dan S (20).

"Ada tiga lagi pelaku yang sudah teridentifikasi. Kami pantau terus perkembangnnya," kata Kabid Humad Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, saat memberikan keterangan perkembangan penyidikan lanjutan, Jumat (15/11).

1. Ketiga pelaku adalah bagian dari delapan nama yang jadi DPO

Polisi Kantongi Identitas 3 Pelaku Lain Penyerangan Mahasiswa FH UMITiga mahasiswa FTI UMI yang ditetapkan menjadi tersangka penyerangan di Polrestabes Makassar, Kamis (14/11) / Sahrul Ramadan

Peristiwa penyerangan yang mengakibatkan AFK (21) meninggal dunia, terjadi di salah satu kafe di dekat FH UMI di Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Selasa (12/11) lalu. Tikaman senjata tajam jenis badik, ditancapkan salah satu dari tiga tersangka ke punggung kanan korban.

Keenam rekan korban saat itu, tak sempat menyelamatkan korban, karena dua tersangka lainnya mengancam mereka dengan sajam. Menurut Ibrahim, para pelaku membagi perannya masing-masing. Termasuk kedelapan orang yang telah dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Jadi berdasarkan hasil penyidikan memang pelaku-pelaku ini ada perannya masing-masing. Tapi sampai sekarang kita masih dalami terus. Termasuk tiga orang yang sudah teridentifikasi itu," ucapnya.

2. Dendam lama berujung penyerangan

Polisi Kantongi Identitas 3 Pelaku Lain Penyerangan Mahasiswa FH UMIBarang bukti penyerangan mahasiswa FH UMI dalam ekspos di Mako Polrestabes Makassar, Kamis (14/11) - Sahrul Ramadan/IDN TImes

Serupa dengan hasil penyelidikan sebelumnya, motif perkara ini dilatarbelakangi dendam mahasiswa antar fakultas. Hanya saja, faktor lain yang membuat dendam lama ini kembali terjadi masih terus berupaya didalami pihak Kepolisian.

Tiga pelaku lain yang hingga saat ini masih dalam pengejaran, kata Ibrahim, diharapkan dapat memberikan keterangan lanjutan untuk pendalaman perjalanan perkara.

"Karena pada saat kejadian itu juga kan mereka tidak sadar dengan apa yang mereka lakukan. Itulah tugas penyidik, untuk mengkategorikan apa-apa saja yang menjadi penyebab kematian saat kejadian tersebut," ujar Ibrahim.

Baca Juga: Terungkap 3 Tersangka Penyerangan Mahasiswa UMI, Ada Motif Dendam

3. Ulah tiga tersangka disebut coreng citra FTI UMI

Polisi Kantongi Identitas 3 Pelaku Lain Penyerangan Mahasiswa FH UMITiga tersangka penyerangan mahasiswa FH UMI bersama barang bukti dalam ekspos di Mako Polrestabes Makassar, Kamis (14/11) - Sahrul Ramadan/IDN TImes

Dekan FTI UMI, Zakir Zabar menyesalkan terjadinya peristiwa ini. Perbuatan tiga tersangka dianggap sangat mencoreng nama baik fakultas. Terlebih karena dua dari tiga tersangka ini merupakan mahasiswa yang disebut tidak lagi aktif di dalam kampus untuk mengikuti perkuliahan.

“Saya sangat-sangat kecewa dan sedih, di tengah upaya dan kerja keras yang dilakukan seluruh civitas akademika FTI selama ini untuk membangun ekosistem kampus yang baik dan kreatif serta inovatif, rusak dan runtuh akibat ulah bar-bar segelintir (dua mahasiswa) tidak aktif dan mahasiswa yang tidak pernah muncul di fakultas untuk kuliah dan mengikuti kegiatan laboratorium serta kegiatan kemahasiswaan lainnya,” kata Zakir menambahkan.

Menurut Zakir, oknum alumni yang terindikasi terlibat sebagai pelaku atau turut serta melakukan penganiayaan, akan diserahkan sepenuhnya kepada pihak Kepolisian untuk ditindaki dan diproses sesuai hukum yang berlaku. 

Baca Juga: 8 DPO Penyerangan Mahasiswa FH UMI Masih Diburu Polisi 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya