Polda Sulsel Dukung Usulan Larangan Anggota Polisi Berperut Buncit

Sementara diusulkan oleh Komisi III DPR

Makassar, IDN Times - Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) berkomitmen akan mendukung usulan larangan anggota polisi yang berperut buncit. Wacana itu sebelumnya ramai dibicarakan di lingkup DPR.

Pada rapat perdana Komisi III dengan Kapolri Idham Azis dan seluruh Kapolda di Indonesia, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11), anggota Fraksi PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan mengusulkan agar Kapolri membuat aturan terkait perut buncit dan diterapkan kepada seluruh anggotanya.

"Itu memang cuma spirit-spirit saja. Niatnya baik," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, saat dikonfirmasi IDN Times di Makassar, Kamis (21/11).

1. Polisi tidak buncit jadi salah satu tolak ukur penampilan baik

Polda Sulsel Dukung Usulan Larangan Anggota Polisi Berperut BuncitKapolda Sulsel memimpin upacara sertijab PJU dan Kapolres jajaran Polda Suslel di SPN Batua Makassar, Senin (11/11) / Istimewa

Dalam rencana usulan tersebut, Trimedya menganjurkan kepada Kapolri Idham agar polisi berperut buncit harus mengikuti program menguruskan badan.

Menurut Ibrahim, usulan tersebut sebenarnya bertujuan baik. Namun, untuk menerapkannya dalam aturan yang dituangkan dalam bentuk resmi, mesti menunggu petunjuk dari pimpinan, dalam hal ini Kapolri.

"Walaupun ada kata-kata yang dicantumkan, tapi kita ada tata kelolanya juga karena jika polisi berpenampilan baik itu kan bagus," terang Ibrahim.

2. Tidak buncit menandakan anggota polisi itu sehat

Polda Sulsel Dukung Usulan Larangan Anggota Polisi Berperut BuncitHumas Pemkot Makassar

Dalam usulan tersebut Trimedya menjadkan Kapolri Idham sebagai salah satu tolak ukur bentuk badan ideal. Postur tubuh pimpinan tertinggi di korps Bhayangkara itu menurutnya bisa menjadi pemantik untuk seluruh jajarannya, agar mulai melakukan program perampingan tubuh.

"Selain itu dari aspek kesehatannya juga bagus," ucap Ibrahim menanggapi usulan lanjutan tersebut.

Baca Juga: 5 Gerakan Simpel yang Bikin Perut Buncit Jadi Rata, Anti Ribet!

3. Polda Sulsel tunggu petunjuk dari Mabes Polri

Polda Sulsel Dukung Usulan Larangan Anggota Polisi Berperut BuncitIDN Times/Axel Jo Harianja

Lebih lanjut kata Ibrahim, jauh sebelum usulan itu jadi perbincangan oleh anggota komisi di DPR, jajaran anggota Polda Sulsel khususnya telah berulang kali diimbau untuk memperbaiki kondisi tubuh.

Utamanya, anggota yang bobot badannya dinilai melebihi kapasitas. Sejauh ini pihak Polda Sulsel menunggu keputusan jika usulan tersebut diterima dan tertuang dalam aturan resmi.

"Kalau imbauan sudah ada dari dulu. Tinggal petunjuk dari mabes. Lalu dari Polda ke Polrestabes juga sudah sering ada imbauan seperti itu untuk jaga penampilan," pungkasnya.

Baca Juga: DPR Anjurkan Polri Bikin Aturan Polisi Tidak Boleh Buncit

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya