Pohon Patah di Gowa Lukai 3 Warga, 1 Mobil Rusak

Pohon terletak di depan Secata Rindam XIV/Hasanuddin

Makassar, IDN Times - Tiga orang warga Kelurahan Bontolerung, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa terpaksa dilarikan ke puskesmas setempat setelah menjadi korban timpaan dahan pohon yang patah, Sabtu (4/1). Satu unit kendaraan roda empat, juga ikut rusak karena terkena sisa patahan pohon.

Ketiga korban tersebut masing-masing, Ana (29), Idul (13) dan Hasrullah (13). Informasi yang diterima dari aparatur kecamatan setempat, peristiwa itu terjadi tepat di depan Secata Rindam XIV/Hasanuddin, Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Malino.

"Diperkirakan pukul 13.35 Wita, tiba- tiba pohon yang besar yang berada di depan secata patah sehingga ketiga korban tersebut tertimpa patahan pohon," kata
Camat Tinggimoncong, Andry Mauritz saat dikonfirmasi.

1. Ketiganya tertimpa dahan pohon yang patah dalam perjalanan saat hendak pulang ke rumah

Pohon Patah di Gowa Lukai 3 Warga, 1 Mobil RusakPohon patah di Jalan Sultan Hasanuddin, Gowa / Istimewa

Dahan pohon yang patah disebutkan Andry menimpa, saat ketiganya hendak pulang ke rumah masing-masing dan melewati jalan tersebut. Dahan pohon besar tiba-tibajatuh dan mengenai tubuh korban.

Seluruh korban menderita cedera dan luka yang sama. "Ketiga korban tersebut masih berada di Puskesmas Malino guna untuk mendapatkan perawatan, dan rencana Ibu Ana akan di rujuk ke Rumah Sakit Syekh Yusuf Sungguminasa," ucapnya.

2. Dahan patah diduga akibat usia pohon yang cukup tua

Pohon Patah di Gowa Lukai 3 Warga, 1 Mobil RusakPohon patah di Jalan Sultan Hasanuddin, Gowa / Istimewa

Patahan dahan yang menimpa ketiga korban diduga akibat dari usia pohon yang kondisinya sudah cukup tua. Pohon jenis Spathodea berukuran besar itu, umumnya tertanam di sepanjang ruas jalan sekitar. Kondisi lapuk, membuat dahan pada pohon tidak lagi mampu menahan tekanan akibat dari resapan air sisa hujan.

"Itu pohon dahannya langsung jatuh. Padahal tidak ada hujan tidak ada angin hari ini. Mungkin sisa hujan yang kemarin-kemarin, tertampung, diresap sama pohon akhirnya langsung patah dahannya," ujar Andry.

3. Seluruh korban dikabarkan perlahan membaik, petugas gabungan evakuasi sisa patahan pohon dari tengah jalan

Pohon Patah di Gowa Lukai 3 Warga, 1 Mobil RusakPohon patah di Jalan Sultan Hasanuddin, Gowa / Istimewa

Beberapa jam menjalani perawatan medis lanjut Andry, ketiga warganya dikabarkan saat ini perlahan membaik. Kondisi luka lecet yang dialami telah diobati oleh tim medis puskesmas dan rumah sakit setempat.

Saat ini, aparatur kecamatan dibantu tim gabungan instansi dan institusi lainnya, sementara melakukan sterilisasi di area patahan pohon. Sisa material pohon yang patah, dievakuasi dari badan jalan agar kendaraan dan warga bisa melanjutkan kembali aktivitasnya.

Andry mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan, mengingat insiden pohon patah dan tumbang suatu waktu tidak menutup kemungkinan bisa terjadi.

Baca Juga: 2 Pekerja Bangunan Pasar di Gowa Meninggal Tersengat Listrik 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya