Jurnalis Peduli Kemanusiaan Sulsel Salurkan Bantuan APD ke Puskesmas  

Puskesmas sering jadi yang pertama menangani pasien COVID-19

Makassar, IDN Times - Jurnalis Peduli Kemanusian (JPK) Sulawesi Selatan mulai menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang berjuang sebagai garda terdepan menangani pasien COVID-19. Bantuan merupakan hasil penggalangan donasi yang dibuka beberapa hari terakhir.

Bantuan APD disalurkan langsung kepada 11 puskesmas yang tersebar di sejumlah wilayah Kota Makassar.

"Penyaluran APD untuk tahap pertama. Alasannya karena terdeteksi memiliki sebaran terinfeksi cukup tinggi," kata Koordinator JPK Sulsel, Darwin Fatir di sela penyerahan APD di Puskesmas Ballaparang, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Kamis (9/4/2020).

Baca Juga: 128 Kasus Positif Virus Corona di Sulsel, Kota Makassar Terbanyak

1. Puskesmas menjadi sasaran utama karena termasuk garda depan menangani pasien Covid-19

Jurnalis Peduli Kemanusiaan Sulsel Salurkan Bantuan APD ke Puskesmas  JPK Sulsel distribusi APD di sejumlah puskesmas di Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Darwin menerangkan ada 31 paket APD yang didistribusikan pada penyaluran tahap pertama. APD berupa hazmat, kaos tangan, dan masker. Tenaga medis di puskesmas menjadi sasaran utama pendistribusian, mengingat merekalah yang selama ini menjadi petugas tingkat pertama dalam menangani pasien Covid-19.

"Dari pengamatan lapangan, tenaga medis di sana sangat minim peralatan, padahal akses pertama masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan yaitu puskesmas," terang jurnalis dari LKBN Antara ini.

2. Sebanyak 100 APD bakal disalurkan pada tahap kedua

Jurnalis Peduli Kemanusiaan Sulsel Salurkan Bantuan APD ke Puskesmas  JPK Sulsel distribusi APD di sejumlah puskesmas di Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Selanjutnya kata Darwin, pada tahap kedua nanti, JPK kembali akan mendistribusikan sebanyak 100 lembar APD di puskesmas dan rumah sakit swasta. Ketersediaan APD tersebut tidak lepas dari dukungan dan kontribusi donatur yang mendonasikan dananya, baik dari kalangan jurnalis maupun masyarakat umum.

"Ini bentuk kepedulian kepada tenaga medis kita yang bekerja di puskesmas. Mereka tidak dilengkapi pelindung diri saat memeriksa pasien, mengingat telah banyak orang terpapar virus ini hingga masyarakat di lapis tingkat bawah," ungkap Darwin.

JPK Sulsel diketahui, terbentuk atas inisiasi dari sejumlah organisasi jurnalis. Di antaranya, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Selatan, Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel, dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar.

Donasi disalurkan dalam bentuk barang maupun uang melalui di Posko JPK AJI Makassar, Jalan Toddopuli IIV Makassar. JPK juga membuka donasi melalui rekening BNI Makassar, atas nama M Darwin Fatir, di nomor rekening 584667615.

3. Wali Kota Makassar apresiasi bantuan APD untuk tenaga medis

Jurnalis Peduli Kemanusiaan Sulsel Salurkan Bantuan APD ke Puskesmas  JPK Sulsel distribusi APD di sejumlah puskesmas di Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Subaeb mengapresiasi kegiatan kemanusiaan yang dilakukan JPK. Menurut Iqbal, ini merupakan bentuk keprihatinan jurnalis terhadap tenaga medis yang bertugas di lapangan.

Jika solidaritas ini tetap terjalin, menurut Iqbal, mata rantai penyebaran corona di Sulsel khususnya di Makassar, bisa teratasi. Pemerintah berterima kasih atas peran jurnalis dalam membantu tenaga medis.

"Sangat membantu sekali. Pemberian ini sangat membanggakan dan sangat mengharukan mengingat memang kami saat ini terutama para tenaga kesehatan sangat membutuhkan namanya APD dan peralatan lainnya. Semoga saja apa yang dilakukan itu mendapat berkah dan Allah SWT membalasnya," ucap Iqbal.

Baca Juga: Sulsel Tidak Terapkan PSBB karena Masyarakatnya Belum Sadar COVID-19

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya