Comscore Tracker

Cegah Corona, 1.712 Tahanan di Rutan Makassar Diberi Suplemen Vitamin 

Suplemen vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh

Makassar, IDN Times - Jajaran petugas Rumah Tahanan Kelas 1 Makassar menerapkan metode khusus untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang dapat membahayakan para tahanan. Seluruh tahanan diberikan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka.

"Sebanyak 1.712 WBP (warga binaan pemasyarakatan) menerima suplemen vitamin. Pemberian vitamin ini untuk meningkatkan sistem imun WBP agar tidak mudah terserang penyakit," kata Ketua Tim Medik Klinik DR Saharjo Rutan Kelas I Makassar, dokter Siti Wahida Jalil, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/7/2020).

1. Vitamin dikonsumsi WBP untuk 10 hari

Cegah Corona, 1.712 Tahanan di Rutan Makassar Diberi Suplemen Vitamin WBP Rutan Kelas 1 Makassar diberikan vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh, cegah COVID-19. IDN Times/Humas Rutan Kelas 1 Makassar

Pembagian suplemen vitamin untuk seluruh tahanan dilakukan sepanjang hari ini. Vitamin, dikhususkan agar daya tahan tubuh seluruh tahanan tetap terjaga. Dengan begitu, kecemasan akan penularan COVID-19 di dalam rutan dapat dihindarkan.

Vitamin juga diyakini dapat menguatkan kondisi kesehatan fisik tahanan selama masa pandemik COVID-19, khususnya di Kota Makassar belum berakhir. "Masing-masing mendapatkan 1 strip vitamin yang cukup untuk dikonsumsi selama 10 hari," ujar Wahida.

Selain memberikan suplemen, tim medis juga intens mengecek langsung kebersihan di seluruh blok rutan yang dihuni ribuan tahanan. Dikhawatirkan, apabila kebersihan tidak terjaga, kesehatan penghuni rutan dapat terganggu.

2. Pemberian suplemen vitamin memasuki bulan keempat

Cegah Corona, 1.712 Tahanan di Rutan Makassar Diberi Suplemen Vitamin WBP Rutan Kelas 1 Makassar diberikan vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh, cegah COVID-19. IDN Times/Humas Rutan Kelas 1 Makassar

Sementara itu Pelaksana Harian Kepala Rutan Kelas I Makassar, Darmansyah, mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa langkah preventif guna mencegah penyebaran COVID-19 yang kian masif khususnya di wilayah Kota Makassar.

"Selain penyemprotan disinfektan, pemberian masker, ini adalah bulan keempat pembagian vitamin kepada seluruh warga binaan. Teknisnya diserahkan kepada masing-masing wali blok kemudian diteruskan kepada warga binaan," imbuh Darmansyah.

Darmansyah menyatakan, tim medis Rutan Kelas 1 Makassar berkomitmen untuk sigap dalam melakukan pemantauan, khususnya kondisi kesehatan seluruh tahanan di masa pandemik saat ini. Hal itu dilakukan sebagai upaya menghentikan laju penularan di dalam rutan.

Baca Juga: Napi Rutan di Makassar Meninggal Berstatus PDP

3. Tahanan baru masuk rutan wajib tes COVID-19

Cegah Corona, 1.712 Tahanan di Rutan Makassar Diberi Suplemen Vitamin Napi Rutan Kelas 1 Makassar yang mendapat jatah asimilasi. IDN Times/Rutan Kelas 1 Makassar

Untuk diketahui, Rutan Kelas 1 Makassar menerapkan kebijakan khusus untuk menampung tahanan baru. Bagi tahanan yang bakal masuk, mereka diharuskan untuk menyertakan surat keterangan bebas COVID-19. Jika sebelumnya, tahanan yang telah melalui proses persidangan langsung diarahkan ke rutan, saat ini, tahanan diwajibkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan lebih awal.

"Satu hari sebelum pengiriman tahanan baru, berkas sudah harus diterima untuk dilakukan pemeriksaan administrasi. Sehingga pada saat penerimaan tahanan tidak lagi ada pemeriksaan berkas, hanya fokus pemeriksaan kesehatan," kata Darmansyah dalam keterangan tertulisnya, kepada IDN Times, Sabtu, 20 Juni 2020 lalu.

Darmansyah mengatakan metode itu dilakukan sebagai bagian dari upaya pihaknya beradaptasi dengan new normal atau pola hidup normal baru di tengah pandemik COVID-19. Pihaknya berkoordinasi dengan jaksa untuk menyerahkan berkas tahanan baru lebih awal sebelum pemindahan.

Baca Juga: Napi Rutan Makassar yang Dianiaya Disebut Mengalami Gangguan Kejiwaan 

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya