Alasan Gubernur Enggan Buka Data Pasien Covid-19 di Sulsel

"Kalau nda ada gejala nda usah periksa," kata Nurdin

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengungkapkan alasan mengapa sebaiknya informasi tentang identitas pasien terkait COVID-19 tidak dibeberkan ke publik. Selama ini dia memang enggan membeberkan informasi tentang pasien di daerahnya, baik yang positif maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

Hingga Kamis (26/3), pemerintah mengonfirmasi jumlah 27 kasus positif terinfeksi virus corona di Sulsel. Sementara jumlah PDP 76 orang, dan orang dalam pemantauan 250 orang.

"Kita rahasiakan namanya, supaya jangan dia syok. Kalau istrinya dengar, anaknya dengar, jadi stres semua. Makanya kita lokalisir. Pokoknya untuk tidak menyebar, anda harus diisolasi," kata Nurdin di sela mengecek kesiapan Rumah Sakit Sayang Rakyat yang bakal dijadikan untuk penanganan pasie COVID-19 di Makassar, Jumat (27/3).

Baca Juga: WNI Asal Sulsel Rasakan Lockdown Polandia, Pelanggar Didenda Rp15 Juta

1. Pemerintah maksimakan tracing dan pemetaan kasus

Alasan Gubernur Enggan Buka Data Pasien Covid-19 di SulselGubernur Sulsel Nurdin Abdullah. IDN Times/Istimewa

Jumlah kasus positif COVID-19 di Sulsel terus melonjak. Pada sepanjang Rabu (25/3) hingga Kamis (26/3), ada penambahan 14 kasus baru. 

Gubernur Nurdin Abdullah menyampaikan, peningkatan jumlah kasus yang terindentifikasi tidak perlu dikhawatirkan. Pemerintah melalui Gugus Tugas Penanganan COVID-19 maupun Dinas Kesehatan sudah menelusuri atau tracing dengan siapa saja para pasien telah melakukan kontak.

Nurdin yakin bisa memetakan siapa saja yang berpotensi terpapar virus corona, sehingga penularannya bisa ditekan.

"Nda usah khawatir. Saya malah bingung kalau cuma dua (positif). Pasti bertambah karena sudah bersentuhah. Kenaikan ini bisa kita petakan dan lokalisir," ucap Nurdin.

2. Sebanyak 19 persen penularan Covid-19 di Sulsel melalui transmisi lokal

Alasan Gubernur Enggan Buka Data Pasien Covid-19 di SulselGubernur Sulsel Nurdin Abdullah meninjau UNBK di SMK 6 Makassar, Rabu (18/3). IDN Times/Istimewa

Nurdin menyebut, 80 persen penularan Covid-19 di Sulsel dibawa oleh orang-orang yang baru melakukan perjalanan keluar negeri atau keluar daerah. Mereka ada yang umrah maupun melakukan aktivitas lain, sebelum kembali ke daerah masing-masing. 

Persoalan itu menurut Nurdin menjadi sebuah masalah mendasar. Sedangkan 19 persen penularan dari transmisi lokal.

"Coba bayangkan, ada yang sudah sembuh baru kemudian datang hasilnya, positif. Jadi sakit lagi. Harusnya jangan dikasih tahu. Yang jelas kita isolasi dia, sembuhkan diri," katanya.

3. Masyarakat yang tidak punya gejala Covid-19 diminta tidak usah memeriksakan diri

Alasan Gubernur Enggan Buka Data Pasien Covid-19 di SulselGubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat melakukan konferensi pers di kediaman pribadinya, Kamis (19/3). IDN Times/Asrhawi Muin

Selain itu, Gubernur Nurdin mengimbau masyarakat mengikuti anjuran pemerintah agar di rumah saja dan menjaga jarak dalam beraktivitas di luar rumah. Sementara masyarakat yang tidak memiliki gejala serupa Covid-19, menjaga kesehatan dengan baik.

"Saya minta masyarakat kalau tidak ada gejala, tidak usah diperiksa. Berarti imunitasnya itu masih kuat," ujar Nurdin.

Di sisi lain, Nurdin meminta agar persoalan di tengah pandemi Covid-19 tidak dipolitisasi. Semua pihak diharapkan dapat bergandengan tangan, saling merangkul dan berkoordinasi untuk menyelesaikan masalah ini.

"Kalau semuanya bikin masalah, bikin pernyataan-pernyataan yang tidak jelas, ditambah lagi hoaks, sulit kita. Nah ini persoalan ini kita sudah mulai lokalisir," imbuh Nurdin.

Baca Juga: Transmisi Lokal Dominasi Kasus Positif Virus Corona Terbaru di Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya