7 Petugas di Bandara Hasanuddin Makassar Positif Corona

Mereka merupakan pegawai Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar

Makassar, IDN Times - Tujuh orang petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar, teridentifikasi positif Covid-19. Kepala KKP Makassar Darmawali Handoko mengatakan, mereka yang positif adalah petugas teknis pemeriksa kesehatan yang bertugas di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

"Tujuh orang positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab," kata Darmawali saat dikonfirmasi, Senin (13/4).

Baca Juga: Napi Rutan di Makassar Meninggal Berstatus PDP

1. Petugas KKP yang positif jalan isolasi mandiri

7 Petugas di Bandara Hasanuddin Makassar Positif CoronaPetugas medis menunjukan sampel darah saat rapid test atau pemeriksaan cepat COVID-19 di DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Selasa (7/4/2020). Partai Golkar menyelenggarakan rapid test COVID-19 secara gratis bagi wartawan, kader, dan masyarakat guna memastikan kesehatan dan mengantisipasi penyebaran COVID-19. (ANTARA FOTO/Didik Setiawan)

Darmawali mengungkapkan, mereka yang positif selama ini bertugas memeriksa kondisi penumpang yang datang di bandara. Mereka diketahui tertular COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab beberapa waktu lalu.

Tidak dijelaskan bagaimana sampai para petugas KKP sampai terjangkit virus corona. Tapi secara umum tujuh petugas tersebut dalam kondisi baik. "Kondisnya baik, masih diisolasi mandiri," ujar Darmawali.

2. KKP telusuri riwayat kontak para petugas yang positif

7 Petugas di Bandara Hasanuddin Makassar Positif CoronaIlustrasi. Bandara Sulhas Makassar. IDN Times / Istimewa

Sejauh ini, Darmawali melanjutkan, pihaknya masih menelusuri riwayat kontak pasien yang positif. Riwayat berguna untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Sulit menelusuri dari mana sumber penularan, terlebih Makassar sudah menjadi episentrum penyebaran COVID-19 di Sulawesi Selatan.

"Karena Makassar sebagai daerah transmisi lokal. Kita harap semoga semakin membaik," ujarnya.

Petugas positif kini dipantau kondisi kesehatannya selama menjalani isolasi mandiri. Mereka diminta untuk tidak melakukan aktivitas sementara waktu. Mengikuti seluruh anjuran, perawatan pasien Covid-19 sesuai dengan standar kesehatan.

3. KKP perketat keamanan terhadap seluruh petugas di lapangan

7 Petugas di Bandara Hasanuddin Makassar Positif CoronaTim KKP melaksanakan pemeriksaan/observasi terhadap penumpang maupun kru kapal Coral Adventure, Rabu (11/3). IDN Times/Dokumentasi KKP Makassar

Mengantisipasi hal serupa terulang, Darmawali menegaskan memperketat pengawasan seluruh jajarannya. Khususnya mereka yang memiliki peran teknis di lapangan. "Kita perketat, dianjurkan untuk selalu gunakan masker, jaga diri, jarak sesuai standar kesehatam," ucapnya.

Sementara untuk menambal posisi petugas KKP yang positif terpapara, KKP melakukan perekrutan anggota lainnya. Selama bertugas, mereka diingatkan agar lebih disiplin dalam menjaga kondisi kesehatan.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Akui Belum Mampu Menekan COVID-19 di Daerahnya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya