31 Pelaku dan Penonton Balap Liar di Makassar Ditangkap Polisi

Polisi sebut sejumlah pemuda melakukan penyerangan

Makassar, IDN Times - Puluhan pemuda ditangkap Tim Penikam Polrestabes Makassar, Jumat (26/2/2021). Mereka ditangkap karena menyerang petugas gabungan saat patroli balapan liar di Jalan Sultan Alauddin-AP Pettarani.  

"31 pelaku dan penonton balapan liar yang sering terjadi di lokasi itu diamankan setelah dilakukan pengejaran," kata Kepala Tim Penikam Polrestabes Makassar, Iptu Arif Muda dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis, Jumat sore.

1. Sempat terjadi kejar-kejaran saat polisi gabungan berpatroli membubarkan balapan liar

31 Pelaku dan Penonton Balap Liar di Makassar Ditangkap PolisiPolisi menangkap puluhan orang pembalap dan pentonton balap liar di Makassar/Polrestabes Makassar

Penangkapan puluhan pemuda berawal dari laporan masyarakat yang merasa terganggu oleh aktivitas balap liar yang kerap terjadi di lokasi setempat.

Petugas yang datang di lokasi balapan membuat seratusan orang rombongan balap liar kocar-kacir membubarkan diri. Sebagiannya bertahan dan menyerang petugas dengan batu dan petasan. "Sebelumnya sempat terjadi aksi kejar-kejaran sebelum diamankan," ungkap Arif.

2. Polisi sita 16 unit sepeda motor

31 Pelaku dan Penonton Balap Liar di Makassar Ditangkap PolisiIlustrasi (ANTARA FOTO/ Andreas Fitri Atmoko)

Dalam penangkapan itu, petugas kata Arif, menyita sebanyak 16 unit sepeda motor. Sebagian besar kendaraan yang diamankan adalah milik penonton balapan liar. Selebihnya, kendaraan yang digunakan untuk balapan di jalan raya. 

Mereka semua saat ini masih menjalani pemeriksaan intensif di kantor Polrestabes Makassar. "Kami serahkan kendaraannya ke Unit Lantas Polrestabes Makassar untuk diberikan sanksi tilang dan pemiliknya kami berikan sanksi pembinaan," tegas Arif. 

Baca Juga: Balap Liar saat PSBB di Makassar, Polisi Sita Puluhan Sepeda Motor

3. Satlantas Polrestabes Makassar gencarkan patroli jalan raya

31 Pelaku dan Penonton Balap Liar di Makassar Ditangkap PolisiIlustrasi. Petugas Satlantas Polrestabes Makassar mengamankan Pak Ogah di sejumlah jalan. IDN Times/Polrestabes Makassar

Kaur Bin Ops Satlantas Polrestabes Makassar, AKP Hartati sebelumnya mengatakan, belakangan ini pihaknya memaksimalkan patroli jalan raya. Menurutnya, langkah itu sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan ulah masyarat yang meresahkan di jalan raya. 

Patroli juga akan dibarengi dengan imbauan kepada pengendara agar lebih berhati-hati dan mengutamakan keselamatan di jalan raya. "Penindakannya jalan, kemudian proses edukasinya juga ada. Sesuai dengan perintah pimpinan untuk keselamatan dan kenyamanan bersama," kata Hartati, saat dihubungi IDN Times, Senin, 8 Februari.

Baca Juga: Polisi Makassar Sita Mobil Dinas Kampus di Lokasi Balap Liar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya