28 Warga di Pangkep Diduga Keracunan Makanan Pesta Pernikahan

Warga keluhkan sakit perut, mual hingga muntah-muntah

Makassar, IDN Times - Puluhan orang warga di Kecamatan Marang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, terpaksa dirujuk ke puskesmas setempat setelah dilaporkan mengalami keracunan. Jajaran Polsek Marang mencatat, sebanyak 28 orang warga mendadak mengalami keluhan kesehatan yang sama.

“Keadaan sakit perut, pusing dan muntah-muntah. Dan setelah dilakukan pemeriksaan, diagnosa disimpulkan bahwa pasien tersebut mengalami keracunan makanan,” kata Kapolsek Marang Iptu Nompo saat dikonfirmasi, Jumat (20/12).

1. Pasien silih berganti mendatangi Puskesmas Marang dengan keluhan yang sama

28 Warga di Pangkep Diduga Keracunan Makanan Pesta PernikahanWarga yang dirawat di Puskesmas Marang, Pangkep / Polsek Marang

Puluhan warga itu disebutkan silih berganti mendatangi Puskesmas Marang sejak Kamis (19/12) sekitar pukul 18.30 WITA malam kemarin. Dengan keluhan kondisi fisik kesehatan yang serupa, pihak puskesmas bergegas memeriksa satu per satu pasien yang datang.

Belakangan diketahui jika warga baru saja mengonsumsi makanan di sebuah pesta pernikahan di Kecamatan Marang, Pangkep. Setelah dilakukan pemeriksaan intensif, pihak puskesmas mendiagnosa jika warga mengalami keracunan makanan.

“Kesemua korban yang terdiagnosa keracunan makanan dikarenakan telah mengkonsumsi makanan pada acara hajatan perkawinan,” ujar Nompo.

2. 15 dari 28 orang warga yang keracunan masih anak-anak

28 Warga di Pangkep Diduga Keracunan Makanan Pesta PernikahanWarga yang dirawat di Puskesmas Marang, Pangkep / Polsek Marang

Merujuk dalam catatan Kepolisan, dari 28 orang korban yang dilaporkan keracunan, 15 orang di antaranya masih berusia di bawah umur. Anak-anak ini diduga datang bersama orangtuanya ke acara pesta perkawinan warga setempat.

Pascaperawatan medis sejak malam tadi, kata Nompo, pihaknya kembali menerima laporan bahwa beberapa di antara warga yang telah dirawat sudah diperbolehkan keluar dari puskesmas.

Kondisi fisik mereka dikabarkan perlahan mulai membaik. “Sudah ada berapa orang itu yang keluar karena sudah agak baikan. Anggota masih di lapangan untuk terus mendata,” ucap Nompo.

Baca Juga: Diduga Pegang Payudara, Sekuriti di Pangkep Dipolisikan

3. Sampel makanan yang dikonsumsi warga diperiksa di laboratorium

28 Warga di Pangkep Diduga Keracunan Makanan Pesta PernikahanAnggota Polsek Marang, Pangkep, saat mengambil sampel makanan yang dikonsumsi warga / Polsek Marang

Lebih lanjut, kata Nompo, saat ini pihak berkoordinasi dengan petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pangkep untuk melakukan uji laboratorium sampel makanan yang dikonsumsi warga. Makanan dalam pesta perkawinan itu umumnya diolah dalam beragam jenis kuliner khas Sulawesi Selatan.

Mulai dari ikan bakar, coto, konro, hingga kudapan ringan lainnya seperti kue-kue tradisonal. Hasilnya baru akan diketahui apabila uji laboratorium telah dilakukan. “Jadi sementara diperiksa (sampel makanan) semuanya," ucap Nompo. 

Baca Juga: Polres Pangkep Temukan 1 Ton Bahan Peledak Tertimbun Dalam Tanah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya