Udin Pelaku Begal di Makassar Ditangkap, Korbannya Lansia

Pelaku merampas dompet korban yang hendak ke pasar

Makassar, IDN Times - Petugas Polsek Rappocini Kota Makassar menangkap seorang pria yang dilaporkan sebagai pelaku begal terhadap korban lanjut usia. Dia ditangkap usai membegal seorang wanita berinisial AL, berumur 65 tahun.

Kepala Seksi Humas Polrestabes Makassar Kompol Lando K.S. Sambolangi mengatakan pelaku berinisial SH alias Udin, 40, warga perumahan Minasa Upa, Kecamatan Rappocini. Dia ditangkap di Jalan Ratulangi, Mamajang, rabu (7/6/2023).

"Ada laporan korban, karena dari laporan itu jadi dasar penangkapan, dan sekarang pelaku sudah ditahan di sel kantor Polsek Rappocini," kata Lando kepada IDN Times Sulsel, Kamis (8/6/2023).

Baca Juga: Gelombang Kedua Embarkasi Haji Makassar Diterbangkan ke Tanah Suci

1. Udin begal ibu-ibu yang pergi ke pasar

Udin Pelaku Begal di Makassar Ditangkap, Korbannya LansiaUdin (43) pelaku begal ibu-ibu di Makassad. (Istimewa)

Udin dilaporkan membegal korban lansia di sekitar Jalan Tidung 7, Kecamatan Rappocini, pada 30 Mei 2023 lalu. Saat itu dia melancarkan aksinya kepada korban yang tengah mengendarai motor menuju ke pasar untuk membeli ikan.

"Jadi saat korban masih diatas motornya itu datang pelaku dari arah berlawanan, dia pakai motor juga, sendiri. Pelaku itu langsung tarik dompet korban yang dijepit di ketiak sebelah kiri," kata Lando.

Lando menyebut korban sempat berusaha mempertahankan dompetnya. Tapi karena kekuatan tidak sebanding, pelaku berhasil merampasnya. 

"Tenaga tidak kuat, ya mungkin sudah tidak muda. Dalam dompet korban itu ada hp dan uang Rp200 ribu untuk beli keperluan dapur di Pasar Tidung itu," sambungnya.

2. Udin mengaku nekat membegal karena butuh uang

Udin Pelaku Begal di Makassar Ditangkap, Korbannya LansiaIlustrasi begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu dari hasil interogasi, Udin mengaku nekat membegal karena lagi butuh uang. Dia beraksi sendirian.

"Kan pelaku lakukan itu sendiri, makanya saat diamankan itu hanya motor yang dia pakai itu, sedangkan HP korban dijual Rp920 ribu dan uang korban di dompet hanya Rp70 ribu sana," kata Kompol Lando.

3. Polisi tangkap driver ojol karena jadi penadah HP curian

Udin Pelaku Begal di Makassar Ditangkap, Korbannya LansiaIlustrasi borgol. Dok. IDN Times

Selain Udin, polisi turut menangkap seorang driver ojek online berinisial J, 45. Warga Jalan Ratulangi Makassar itu berperan sebagai penadah barang curian Udin.

"Jadi memang pelaku menjual HP korban itu ke seorang ojol dengan harga yang dia (pelaku) sebutkan itu, dan HP itu sudah diamankan dari penadah itu, tim amankan juga itu ojek online," Lando menambahkan.

Baca Juga: Viral! Anggota Polantas di Makassar Gelar Tilang tanpa Atribut

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya