Polrestabes Makassar Musnahkan Ratusan Senjata Tajam Dikumpulkan Ormas

Danny klaim Batalyon 120 berperan menekan angka kriminalitas

Makassar, IDN Times - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Makassar, Selasa (13/9/2022), ratusan senjata tajam. Barang-barang itu diserahkan organisasi kemasyarakatan Batalyon 120.

Senjata tajam berupa busur dan anak panah, parang, hingga tombak dimusnahkan di halaman Kantor Polrestabes Makassar, Jalan Jenderal Ahmad Yani. Kegiatan dihadiri Kapolrestabes Kombes Budhi Haryanto, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, Ketua DPRD Makassar Rudianto Lalo, dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Makassar Andi Sundarwati.

"Hari ini kita musnahkan barang bukti yang diserahkan dari Batalyon 120. Barang bukti berjumlah 940 busur (anak) panah, 101 ketapel atau pelontar, tiga parang, satu unit senjata papporo, serta tombak," kata Kombes Budhi kepada wartawan.

Senjata tajam dimusnahkan dengan dibakar serta digilas dengan gerinda.

Baca Juga: Sekretariat Batalyon 120 Makassar Dirazia, Ratusan Anak Panah Disita

1. Senjata tajam diserahkan ormas Batalyon 120

Polrestabes Makassar Musnahkan Ratusan Senjata Tajam Dikumpulkan OrmasRatusan senjata tajam (Sajam) berbagai jenis yang diserahkan dari Ormas Batalyon 120 Makassar ke Polrestabes Makassar untuk dimusnahkan, Selasa (13/9/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Kapolres mengungkapkan, senjata tajam diserahkan oleh Batalyon 120. Sebelumnya, ormas itu disebut mengumpulkannya dari para pelaku kriminal dan perang kelompok di Makassar sejak bulan April hingga September 2022.

Beberapa waktu lalu, kepolisian menggerebek markas Batalyon 120 di Jalan Korban 40 Ribu Jiwa Makassar. Saat itu polisi menemukan ratusan anak panah, parang, dan botol kosong bekas minuman keras. Kapolres mengatakan pada penggerebekan itu tidak ditemukan adanya peristiwa pidana.

"Karena barang-barang itu yang dinyatakan barang bukti itu adalah barang serahan yang nantinya barang itu akan diserahkan ke Polres," kata Budhi.

2. Danny klaim Batalyon 120 berperan menekan angka kriminalitas

Polrestabes Makassar Musnahkan Ratusan Senjata Tajam Dikumpulkan OrmasWalikota Makassar, Danny Pomanto saat menjelaskan fungsi Ormas Batalyon 120 di Polrestabes Makassar, Selasa (13/9/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengklaim ormas Batalyon 120 berperan membantu aparat keamanan dan pemerintah. Ormas yang dibentuk dari hasil diskusi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) itu disebut cukup berhasil mengurangi kasus kekerasan di jalan hingga peran kelompok.

"Jadi sejak Batalyon 120 bekerja efektif, berkurang drastis aksi-aksi kriminalitas di Kota Makassar.

"Kejadian kemarin itu diawal dengan niat baik (Batalyon 120) yang meminta mantan pelaku kriminal dari daerah untuk menyetor (senjata tajam) ini semua. Mereka kalau mau sadar harus menyetor ini semua. Adanya Batalyon ini tidak lain agar menjaga kota ini aman," dia melanjutkan.

3. Dekati eks pelaku kejahatan lewat ormas

Polrestabes Makassar Musnahkan Ratusan Senjata Tajam Dikumpulkan OrmasWalikota Makassar, Danny Pomanto saat menunjukan beberapa anak panah yang diserahkan Batalyon 120 ke Polrestabes Makassar, Selasa (13/9/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Danny mengatakan ormas Batalyon 120 merekrut mantan pelaku kriminal untuk dibina. Mereka ikut membantu pemerintah dan kepolisian menjaga keamanan. Menurut Danny, upaya seperti itu baru ada di Kota Makassar.

"Belum pernah ada pendekatan seperti ini, silent, strategi dan soft. Orang Makassar pak tidak boleh dikerasi, dikerasi tambah keras. Justru pendekatan soft dan halus inilah kita lihat hasilnya, mereka ini sendiri datang serahkan ini senjata tajam," ucap Danny.

Baca Juga: Danny Pomanto Bela Batalyon 120: Kami Rangkul Anak Kriminal Jalanan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya