Polrestabes Makassar Mulai Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar Terong

Tim Labfor Polda Sulsel dilibatkan

Makassar, IDN Times - Penyidik Reserse Kriminal (Reskrim) Polrestabes Makassar, mulai menyelidiki penyebab kebakaran di Pasar Terong, Kecamatan Bontoala. Pada peristiwa yang terjadi Minggu, 5 Februari 2023 itu, 24 lods pedagang hangus terbakar.

"Pasti diselidiki penyebabnya, karena kan belum dipastikan apa sebabnya kebakaran, apakah korsleting listrik atau apa," ungkap Kepala Seksi (Kasi) Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando K. Sambolangi saat dikonfirmasi IDN Times Sulsel.

Diketahui, kebakaran melanda kawasan Pasar Terong yang berada di antara jalan poros Masjid Raya dan Gunung Bawakaraeng, Minggu malam sekitar pukul 21.05 Wita.

1. Tim Labfor Polda Sulsel dilibatkan

Polrestabes Makassar Mulai Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar TerongIlustrasi penyelidikan. (Pixabay.com/geralt)

Polrestabes Makassar, kata Lando, melibatkan tim dari Laboratorium Forensik  (Labfor) Kepolsian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel), untuk menganalis penyebab pasti kebakaran Pasar Terong.

"Labfor pasti dilibatkan untuk identifikasi dimana titik api bersumber, kalau penyidik kan mengambil keterangan dan memeriksa saksi, pengelola pasar dan pedagang. Tapi sejauh ini saya belum update berapa orang sudah diperiksa," kata Kompol Lando.

2. Menunggu laporan tim labfor

Polrestabes Makassar Mulai Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar TerongKepala Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando Karua Sambolangi. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Lando menjelaskan, tim Labfor Polda Sulsel sudah mulai menganalisis kemungkinan-kemungkinan pemicu kebakaran Pasar Terong  Makassar.

"Kita tunggu saja hasil tim Labfor, karena saya tidak bisa menduga-duga penyebab kebakaran, kan ada penyelidikan dan masih proses kan. Jadi kita tunggu saja dari Labfor," jelas Kompol Lando Sambolangi.

Baca Juga: 840 Pedagang Korban Kebakaran Pasar Sentral Direlokasi Sementara

3. Damkar menduga kebakaran dari arus pendek

Polrestabes Makassar Mulai Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar TerongIlustrasi mobil Dinas Pemadam Kebakaran (IDN Times Sulsel/Dahrul Amri)

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar, Hasanuddin menyebutkan, dugaan sementara kebakaran pasar Terong karena arus pendek atau korsleting listrik.

"Jadi jumlah objek yang terbakar ada 24 lods bahan campuran dan pecah belah. Api kita padamkan pada pukul 22.31 Wita, dan untuk penyebab sementara arus pendek (listrik)," beber Hasanuddin.

Diketahui, kebakaran Pasar Terong pihak Damkar Makassar mengerahkan 14 unit armada mobil Pemadam dari Markas Komando (Mako) Damkar, 1 unit dari Posko Timur, dan 4 unit dari Kecamatan Ujung Tanah. Sementara total personel Damkar ada 78 orang.

Baca Juga: Puluhan Kios Pasar Terong di Makassar Terbakar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya