Lima Rumah di Asrama Polisi Tallo Makassar Terbakar

Kebakaran terjadi diduga korsleting listrik

Makassar, IDN Times - Sebanyak lima unit rumah di Asrama Polisi (Aspol) Tallo, Kecamatan Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan, terbakar, Jumat siang (16/12/2022).

Kepala Seksi (Kasi) Humas Polrestabes Makassar, AKP Lando Karua Sambolangi mengatakan, api berasal dari rumah Bripka Daniel di Blok B nomor 9 Aspol Tallo.

"Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, karena saat kejadian warga Aspol dan warga sekitar langsung cepat melakukan tindakan," ungkap Lando, Jumat sore.

1. Delapan mobil Damkar dikerahkan ke lokasi

Lima Rumah di Asrama Polisi Tallo Makassar TerbakarIlustrasi mobil pemadam kebakaran (PIxabay)

Kebakaran terjadi sekitar pukul 12.45 Wita, sementara tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar tiba pukul 13.20 Wita. Selama itu, warga berusaha padamkan api seadanya.

"Bagian atap yang terbakar dan dalam rumah, sekitar 10 menit api baru bisa dipadamkan. Ada delapan unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi," terang AKP Lando.

Akibat dari kejadian ini, 29 jiwa atau orang dari 5 Kepala Keluarga (KK) pun harus mengungsi sementara waktu, menunggu sampai adanya perbaikan pada atap rumah mereka.

2. Kebakaran terjadi diduga korsleting listrik

Lima Rumah di Asrama Polisi Tallo Makassar TerbakarIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Lima rumah yang terbakar masing-masing, rumah Aipda Rinto Nababan anggota Polsek Panakkukang, Ipda Amir anggota Polres Barru, Bripka Daniel anggota Polres Pelabuhan Makassar, Bripka Djamal anggota Polres Pelabuhan Makassar, dan rumah pensiunan PNS Polri.

Lanjut Lando, api berasal dari rumah milik Bripka Daniel yang ternyata dalam keadaan kosong. Api tersebut diduga kuat dari gesekan kabel dan terjadi korsleting listring.

"Dugaannya korsleting listrik, dan korsleting itu terjadi di ruangan tengah rumah yang bersangkutan sehingga mengakibatkan terjadinya kebakaran tadi," jelas Lando.

3. Polisi sebut terlalu banyak sambungan kabel

Lima Rumah di Asrama Polisi Tallo Makassar TerbakarLima unit rumah di Aspol Tallo Makassar terbakar. (Istimewa)

Polisi memperkirakan, kabel instalasi listrik yang terpasang di rumah korban itu sudah usang dan terkelupas, sehingga mudah meleleh dan menimbulkan percikan api.

"Termasuk juga terlalu banyak sambungan kabel yang yang terpasang dalam rumah atau kamar, banyak juga barang- barang yang menggunakan aliran listrik berlebihan, jadinya maka kabel atau colokan terlalu panas dan korsleting," tambah Lando.

Baca Juga: 19 Rumah di Makassar Terbakar, Tim Damkar Sulit Akses Lokasi Kebakaran

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya