Comscore Tracker

Genbi Sulsel Dorong Pelestarian Ekowisata Mangrove Lantebung Makassar

Mangrove berfungsi mencegah erosi dan abrasi pantai

Makassar, IDN Times - Generasi Baru Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan (GenBI Sulsel) bersama Bank Indonesia mendorong pelestarian kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung yang berada di Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar.

Mangrove merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat namun kerap tidak dikelola dengan baik. Berbagai manfaat yang dimiliki tanaman bakau ini antara lain adalah mencegah intrusi (perembesan) air laut ke dalam tanah serta mencegah erosi dan abrasi pantai.

Maka dari itu, melalui kegiatan Bersih Indonesia bertajuk 'Save Lantebung for Our Future' yang digelar di Kawasan Ekowisata Mangerove Lantebung, Sabtu (30/11), Genbi Sulsel mengajak masyarakat setempat untuk membudidayakan tanaman mangrove.

1. GenBI ingin berikan perubahan pada lingkungan

Genbi Sulsel Dorong Pelestarian Ekowisata Mangrove Lantebung MakassarIDN Times/Asrhawi Muin

Ketua GenBI Sulsel, Andi Muhammad Alief Ichwan Mawladri, menyatakan bahwa melalui kegiatan ini mereka ingin membawa perubahan yang baik, khususnya untuk lingkungan. Apalagi Lantebung memiliki potensi pariwisata.

Perlu diketahui, GenBI merupakan komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia yang anggotanya berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri pada wilayah terpilih.

"Jadi Bank Indonesia sekarang lagi gencar-gencarnya untuk mengupayakan pengembangan pariwisata. Kebetulan Lantebung ini adalah edu pariwisata dan eko pariwisata. Jadi bisa sebagai situs pariwisata untuk edukasi kemudian juga ada lingkungan hidupnya," kata Alief.

2. Ingin mengubah Lantebung jadi lebih cantik

Genbi Sulsel Dorong Pelestarian Ekowisata Mangrove Lantebung MakassarIDN Times/Asrhawi Muin

Alief mengatakan, saat ini BI Sulsel sedang aktif mengembangkan Kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung. Salah satunya dengan mengerjakan proyek spot foto di salah satu bagian kawasan tersebut dan membuat gapura yang akan memudahkan masyarakat menemukan lokasi kawasan ini. 

Untuk itu, kata Alief, GenBI hadir untuk mendukung percepatan program. GenBI Sulsel bermaksud untuk membangkitkan potensi pariwisata kawasan tersebut melalui tampilan yang lebih baru. 

"Jadi visi utama kami di sini itu ingin mengubah tampilan Lantebung menjadi lebih menarik dan lebih mampu mendatangkan potensi pariwisata," kata Alief.

Baca Juga: Marak Destruktif Fishing, 70 Persen Kawasan Spermonde Sulsel Rusak 

3. Bakal ada penanaman bibit mangrove

Genbi Sulsel Dorong Pelestarian Ekowisata Mangrove Lantebung MakassarIDN Times/Asrhawi Muin

Untuk mendorong pelestarian mangrove dan pengembangan Lantebung, GenBI akan melakukan penamaman 1.000 bibit mangrove di Lantebung pada tahun ini. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya 100 bibit. 

"Tahun ini melihat cuaca yang cukup mendukung sepertinya, Insya Allah ini kita tanam 1.000," sebut Alief.

Alief menambahkan, bibit mangrove tersebut merupakan milik masyarakat setempat. Untuk penanamannya, selain dilakukan oleh masyarakat setempat GenBi juga akan melibatkan beberapa komunitas.

"Jadi kami sudah mengundang 10 komunitas yang bergerak di bidang lingkungan di Kota Makassar untuk ikut menanam mangrove" katanya.

Baca Juga: Greenpeace: Marak Perusakan Terumbu Karang di Spermonde Makassar

Topic:

  • Asrhawi Muin
  • Irwan Idris

Just For You