Warga Makassar Temukan Paket Mencurigakan di Tepi Jalan

Tim Jibom Polda Sulsel langsung turun memeriksa

Makassar, IDN Times - Warga Jalan Sungai Pareman 1, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dihebohkan penemuan sebuah paket mencurigakan. Paket berupa kardus itu ditemukan pada Rabu pagi (31/3/2021).

Kardus ditemukan tergeletak di pinggir jalan, di depan rumah warga. Terbalut lakban, pada salah satu sisinya terdapat tulisan ISLAM X. Kapolrestabes Makassar Kombes Witnu Urip Laksana mengatakan paket itu sudah dievakuasi dari lokasi penemuan. Isinya pun sudah diketahui.

"Isinya kardus bohlam bekas," kata Witnu lewat pesan singkat, Rabu.

Baca Juga: Danny Pomanto Temui Jusuf Kalla, Bahas Situasi Terkini Makassar

1. Paket ditemukan warga yang hendak berjualan kue

Warga Makassar Temukan Paket Mencurigakan di Tepi JalanTim Gegana mengecek kardus mencurigakan. Dok. IDN Times/Istimewa

Kardus mencurigakan pertama kali ditemukan warga setempat bernama Verol. Saat itu, sekitar pukul 6.00 Wita, dia hendak menjual kue seperti biasa. Dia membawa tenda jualan menuju Jalan Sungai Pareman, lalu kembali ke rumah mendorong gerobak kuenya.

"Setelah itu saya kembali lagi ke dalam rumah untuk mengambil kursi, pas depan rumah saya, saya melihat dos tersebut," kata Verol.

2. Lokasi penemuan dipasangi garis polisi

Warga Makassar Temukan Paket Mencurigakan di Tepi JalanPaket mencurigakan yang ditemukan warga di Jalan Sungai Pareman Makassar, Rabu (31/3/2021). IDN Times/Istimewa

Verol sempat membawa kardus temuannya menuju dekat gapura Jalan Sungai Pareman I. Setelah itu dia melapor ke ketua RT setempat, karena curiga dengan isi paket misterius.

Laporan diteruskan kepada polisi, hingga tim Unit Penjinak Bom Brimob Polda Sulawesi Selatan datang ke lokasi sekitar pukul 8.15 Wita. Tim yang dipimpin Kepala Detasemen Gegana AKBP Syahruna Nasrun langung memasang garis polisi di lokasi dan mengecek paket itu dengan perangkat x-ray.

3. Paket ternyata berisi bohlam lampu bekas

Warga Makassar Temukan Paket Mencurigakan di Tepi JalanPaket mencurigakan yang ditemukan warga di Jalan Sungai Pareman Makassar, Rabu (31/3/2021). IDN Times/Istimewa

Tim Jibom langung membawa dos itu ke Mako Brimob untuk dicek lebih lanjut. Sedangkan jalan di lokasi yang sempat ditutup untuk umum, kembali dibuka.

Kapolrestabes Makassar menyatakan bahwa setelah dicek, paket itu ternyata bukan bom seperti dugaan awal.

"Setelah melakukan pengecekan, isi dos tersebut balon lampu LG Philips," kata Witnu.

Baca Juga: Jenazah Pasutri Bom Gereja Katedral Dimakamkan di Luar Makassar 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya