Seni Budaya Warnai Peringatan Hari Otda di Makassar

Bakal dihadiri oleh Mendagri dan ratusan kepala daerah

Makassar, IDN Times - Upacara puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-XXVII akan berlangsung di anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/4/2023). Agenda Akbar ini akan diwarnai atraksi seni dan budaya khas Makassar.

Nantinya, akan ada atraksi tarian Pakarena di atas 200 perahu dan pengibaran bendera setiap kabupaten/kota di atas perahu. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan atraksi budaya ini sekaligus merupakan peringatan Hari Kebudayaan yang seharusnya berlangsung 1 April namun ditunda karena Ramadan.

"Kami menyambut mereka dengan Hari kebudayaan yang kita tunda sehingga akan ada event tarian massal di laut," kata Danny, Juamt (28/4/2023).

Baca Juga: Mendagri Dorong Kepala Daerah Dukung RUU Kesehatan

1. Ada makan coto bersama

Seni Budaya Warnai Peringatan Hari Otda di Makassarilustrasi coto makassar (instagram.com/simply_culinary)

Selain atraksi budaya, akan ada pula Festival Inovasi Pemerintah Daerah oleh 27 provinsi serta penandatanganan prasasti. Kemudian ada kegiatan makan Coto bersama sebagai bagian dari Festival Kota Makan Enak. 

"Makan coto 1.000 mangkok dan festival inovasi yang sudah dijadwalkan oleh pemerintah pusat," kata Danny.

Setelah rangkaian upacara selesai, maka kegiatan akan dilanjutkan dengan kunjungan ke lorong wisata di Kecamatan Panakkukang.

2. Dihadiri Mendagri dan ratusan kepala daerah

Seni Budaya Warnai Peringatan Hari Otda di MakassarMenteri Dalam Negeri Tito Karnavian ketika rapat kerja dengan komisi I DPD pada 2019 lalu. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Danny mengaku sangat antusias Makassar ditunjuk sebagai tuan rumah karena untuk pertama kalinya, acara ini diselenggarakan di Indonesia Timur. Peringatan Hari OTDA juga sempat ditiadakan selama tiga tahun karena situasi pandemik COVID-19.

Hingga kini, pihak Pemkot Makassar terus mematangkan persiapan acara. Terlebih lagi, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dijadwalkan hadir langsung. Selain itu, sebanyak 327 kepala daerah dari tingkat provinsi, kota dan kabupaten telah dikonfirmasi hadir dalam acara ini. 

"Ini yang terbesar dan dihadiri undangan seluruh kepala daerah, Forkopimda provinsi dan kabupaten/kota," kata Danny.

3. Momentum mewariskan konsep otonomi daerah

Seni Budaya Warnai Peringatan Hari Otda di MakassarGladi bersih peringatan Hari OTDA XXVII di anjungan Pantai Losari Makassar, Kamis (27/4/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Momentum peringatan Hari OTDA ini, kata Danny, sangat penting karena banyak kepala daerah yang masa jabatannya berakhir tahun ini. Karena itu, Hari OTDA akan dimanfaatkan sebagai momentum bagi kepala daerah untuk mewariskan konsep-konsep otonomi daerah berdasarkan pengalamannya selama menjabat. 

Dengan pengalaman berotonomi daerah, kata Danny, tentu banyak titik yang perlu disempurnakan. Masih banyak aspirasi daerah yang perlu didengar untuk Indonesia yang kuat.

"Maka dengan itu kami mempersiapakan ini dengan sebaik-baiknya agar ini menjadi momentum penutup hari OTDA pada periode Pak Jokowi dan hampir seluruh dua periode kepala daerah yang lain," kata Danny.

Baca Juga: Film Indonesia di Festival Cannes Dibuat Putra-putri Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya