Comscore Tracker

Sandiaga Uno Bakal Hadirkan Event Pariwisata Nasional di Toraja

Toraja butuh perbaikan infrastruktur pendukung pariwisata

Makassar, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terus mendorong Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia. 

Dia bahkan merencanakan akan menghadirkan event pariwisata besar-besaran di daerah tersebut. Menurutnya, Toraja butuh event wisata bertaraf nasional seperti dulu saat daerah tersebut menjadi salah satu destinasi unggulan.

"Di tahun 70-an, Toraja itu destinasi unggulan nomor dua setelah Bali. Setelah event PATA conference, kita akan menggagas formula serupa yaitu event yang kita akan kombinasikan dengan festival-festival," kata Sandiaga saat berkunjung ke Makassar, Selasa (23/11/2021).

1. Butuh perbaikan infrastruktur pendukung

Sandiaga Uno Bakal Hadirkan Event Pariwisata Nasional di TorajaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke Toraja Utara, Senin (22/11/2021). (Dok. Kemenparekraf)

Untuk menghadirkan berbagai event pariwisata, kata Sandi, tentunya harus didukung berbagai infrastruktur pendukung. Sandi menyebut Toraja masih butuh banyak perbaikan, utamanya di bidang infrastruktur pendukung pariwisata.

"Setelah itu akan ada perbaikan dari infrastruktur pendukung yaitu interkonektivity antara situs-situs budaya dan situs-situs sejarah," katanya.

2. Ingin promosikan pariwisata Toraja lewat film

Sandiaga Uno Bakal Hadirkan Event Pariwisata Nasional di TorajaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkunjung ke Toraja Utara, Sulawesi Selatan. (Dok. Kemenparekraf)

Dengan event pariwisata, Toraja yang memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya diharapkan bangkit. Di Sulsel, kata Sandi, Toraja termasuk bagian dari ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif yang akan dibangun.

"Mudah-mudahan mungkin juga nanti ekosistem film kita bisa mengambil peluang juga untuk mengambil setting di Toraja atau destinasi lainnya di Sulsel," kata Sandi.

Baca Juga: Sandiaga Dorong Desa Wisata Toraja Utara Jadi Destinasi Unggulan

3. Sandi terpukau keindahan Toraja Utara

Sandiaga Uno Bakal Hadirkan Event Pariwisata Nasional di TorajaMasyarakat desa wisata Lembang Nonongan di Toraja Utara, Sulawesi Selatan. (Dok. Kemparekraf)

Pada Senin, 22 November 2021, Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Lembang Nonongan di Kabupaten Toraja Utara. Desa wisata di Gunung Sopai ini masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 untuk kategori desa wisata rintisan. 

Sandiaga terksesan dengan berbagai potensi kearifan lokal desa tersebut. Ia mendorong agar Lembang Nonongan juga meningkat statusnya dari desa wisata rintisan menjadi desa wisata mandiri berkelanjutan.

"Ini adalah kesempatan kita untuk membangkitkan ekonomi, kembali menjadikan Toraja dan Toraja Utara sebagai destinasi unggulan," kata Sandiaga Uno.

Baca Juga: Sandiaga Uno Terpukau Keindahan Desa Wisata Rammang-Rammang Maros

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya