Rapid Test Antigen Gratis di Makassar, Begini Cara Daftar lewat Online

Disediakan kuota 100 rapid test antigen gratis per hari

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyediakan layanan rapid test antigen secara gratis di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan Sekretariat Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sulsel di Jalan Lanto Dg Pasewang, Kota Makassar.  

Kabid Layanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Sulsel, Jamaluddin, menjelaskan rapid test antigen gratis ini disediakan sebanyak 100 per hari. 

"Ini bekerja sama dengan Angkasa Pura dan ini satu-satunya di Indonesia, belum ada di tempat lain. Yang mau lewat laut bisa tes di YKI Cabang Sulsel," kata Jamaluddin, Rabu (23/12/2020).

1. Disediakan sesuai kebutuhan

Rapid Test Antigen Gratis di Makassar, Begini Cara Daftar lewat OnlineRapid test antigen di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu (22/12/2020). Humas Pemprov Sulsel

Jamaluddin menjelaskan layanan ini dihadirkan atas permintaan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Saat berada di bandara, Senin, 21 Desember lalu, kata Jamaluddin, Nurdin melihat antrean masyarakat mencari layanan rapid antigen. 

Menurut Jamaluddin, hal itu yang mendorong Gubernur menginstruksikan Dinas Kesehatan Sulsel untuk bekerja sama dengan otoritas Bandara Sultan Hasanuddin.

"Ini muncul atas inisiasi Pak Gubernur melihat orang yang akan berangkat mencari pelayanan rapid antigen, sehingga kita membuka layanan ini secara gratis," kata Jamaluddin.

Di Bandara Sultan Hasanuddin pelayanan telah dilakukan sejak Selasa, 22 Desember 2020 kemarin, mulai pukul 09.00 - 16.00 WITA. Sedangkan di YKI Sulsel mulai hari ini, Rabu (23/12/2020). 

"Adapun soal berakhir, Bapak (Gubernur) belum tentukan kapan berakhirnya. Sama seperti rapid tes gratis dulu, ini sesuai kebutuhan," ucapnya.

2. Link pendaftaran rapid test antigen gratis di Makassar

Rapid Test Antigen Gratis di Makassar, Begini Cara Daftar lewat OnlineIlustrasi uji swab. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Misbayanti Tribuana, salah seorang petugas kesehatan yang mengambil sampel di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, menjelaskan prosedur rapid test antigen gratis. Peserta yang ingin mendaftar bisa mengakses www.bit.ly/daftar-rapid-gratis

Dia menjelaskan setelah peserta masuk daftar dan mendapat dapat nomor antrean, barulah menjalani pemeriksaan rapid test antigen.

"Itu pemeriksaannya 15 - 30 menit sampai keluar suketnya. Ini sensitivitasnya 92 persen. Ini waktu pemeriksaannya cepat," ujarnya.

Baca Juga: Sepekan, Kasus COVID-19 di Makassar Meningkat Dua Kali Lipat

3. Calon penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar terbantu dengan rapid test antigen gratis

Rapid Test Antigen Gratis di Makassar, Begini Cara Daftar lewat OnlineIlustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sementara itu, salah seorang penumpang tujuan Surabaya bernama Dewi Kurnia, menyebut bentuk layanan ini merupakan respons cepat atas kebutuhan masyarakat atas keselamatan kesehatan. Dia mengaku mengetahui informasi ini dari berita online dan juga grup WhatsApp.

"Bagus cekatan banget, soalnya beberapa pulau sudah mulai buat aturan untuk pakai antigen. Jadi dari gubernur, dari Pemprov Sulsel sangat cekatan membuat kebijakan gratis antigen, ini sangat membantu," ucapnya. 

Baca Juga: Calon Penumpang Pesawat Bisa Rapid Antigen Gratis di Bandara Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya