Petugas Satpol PP Sulsel Jalani Tes Urine Mendadak 

Buntut ditangkapnya anggota Satpol PP terkait kasus narkoba

Makassar, IDN Times - Sekitar 100 lebih anggota Satpol PP Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menjalani pemeriksaan urine secara mendadak. Pemeriksaan urine ini dipusatkan di GOR Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (1/10/2022).

Pemeriksaan mendadak ini merupakan buntut dari ditangkapnya dua anggota Satpol PP pada 27 Oktober 2022 lalu. Mereka ditangkap setelah diduga menerima paket kiriman yang berisi narkoba.

“Kami melakukannya secara mendadak, tidak ada pemberitahuan sebelumnya,” kata Plt Kepala Satpol PP Sulsel, Andi Rijaya, Selasa.

Baca Juga: Kasus Narkoba Satpol PP Sulsel, Polisi Turut Tangkap 2 Mahasiswa

1. Hasil tes urine akan jadi syarat penerimaan gaji

Petugas Satpol PP Sulsel Jalani Tes Urine Mendadak Anggota Satpol PP menjalani tes urine di GOR Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (1/11/2022). IDN Times/Istimewa

Selain anggota yang bertugas di Kantor Gubernur, sejumlah pasukan Satpol PP yang bertugas di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel juga tak luput dari pengambilan sampel urine tersebut. Hingga kini, tes urine masih berlangsung.

Pemeriksaan urine tersebut wajib diikuti semua anggota Satpol PP. Dalam proses pengambilan sampel urine, Satpol PP bekerja sama dengan RSKD Dadi.  

“Hasil dari tes urine ini akan menjadi syarat untuk penerimaan gaji atau honor mereka. Jadi mereka wajib tes urine semua,” ujar Rijaya.

2. Gubernur sebut tes urine rutin digelar

Petugas Satpol PP Sulsel Jalani Tes Urine Mendadak Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan tes urine rutin digelar bagi pegawai di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tak terkecuali di lingkup Satpol PP. Hal itu sebagai langkah antisipasi tindak penyalahgunaan narkoba.

"Kita sudah ada program, sudah dimulai tes urin di sini dan memang di sini rutin sebelum saya pindah sudah tes, pas masuk ini sudah tes juga," ucapnya beberapa waktu lalu.

3. Gubernur sebut tes urine rutin terkendala anggaran

Petugas Satpol PP Sulsel Jalani Tes Urine Mendadak Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Namun Sudirman mengakui upaya pengecekan rutin seperti tes urine ini masih terkendala keterbatasan anggaran. Karena itu, pengecekan tersebut hanya bisa berlangsung secara bertahap. 

"Yang memang kendala kita keterbatasan anggaran. Kita mulai kemarin di OPD eselon II, sudah tahu semua," katanya.

Meski begitu, Pemprov Sulsel bekerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP), Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) dan Kejaksaan Tinggi, untuk memerangi penyalahgunaan narkoba.

"Makanya kami launching kemarin Balai Rehabilitasi di (rumah sakit) Sayang Rakyat. Harus sama-sama waspada," katanya.

Baca Juga: Gubernur: Satpol PP Sulsel Dipecat Jika Terbukti Terlibat Narkoba

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya