Persediaan Beras di Sulsel Aman Selama Ramadan, Stok Capai 59.000 Ton 

Cukup sampai bulan Juli 2024

Intinya Sih...

  • Stok beras Bulog Wilayah Sulselbar cukup untuk Ramadan 2024, sebanyak 59.000 ton.
  • Ketersediaan beras cukup hingga Juli 2024, termasuk untuk penyaluran bahan pangan dan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).
  • Harga beras SPHP tetap Rp53.000 per pack isi 5 kg, dengan relaksasi HET-nya yang naik Rp1.000 per kg.

Makassar, IDN Times - Perum Bulog Wilayah Sulselbar memastikan ketersediaan beras selama Ramadan 2024 cukup untuk konsumsi masyarakat. Stok beras saat ini sebanyak 59.000 ton.

Kepala Perum Bulog Wilayah Sulselbar, Ahmad Kholisun, menjelaskan ketersediaan beras yang memadai ini cukup sampai bulan Juli 2024. Hal itu karena kebutuhan untuk penyaluran bahan pangan yang hanya 8.500 ton ditambah untuk kebutuhan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sebanyak 7.000 ton.

"Stok kita sangat cukup untuk wilayah Sulsel termasuk sulbar sampai dengan bulan Juli," kata Ahmad saat peninjauan stok pangan di Pasar Minasa Maupa, Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Selasa, (12/3/2024).

1. Beras SPHP dijual dengan harga tetap

Persediaan Beras di Sulsel Aman Selama Ramadan, Stok Capai 59.000 Ton Dok. Humas Perum BULOG tahun 2023

Untuk beras SPHP, Ahmad menyatakan harganya tetap dengan penjualan Rp53.000 per pack isi 5 kg. Untuk beras komersial, terdapat relaksasi dengan HET-nya yang naik Rp1.000 per kg.

"Tapi mudah-mudahan nanti di lapangan naik tidak terlalu signifikan. Yang jelas stok kami ada, berapa pun kebutuhan beras di wilayah Sulsel kami siap," kata Ahmad.

2. Upaya kendalikan harga beras

Persediaan Beras di Sulsel Aman Selama Ramadan, Stok Capai 59.000 Ton Ilustrasi beras yang dijual ke pasar. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Ahmad tak menampik adanya kenaikan harga beras di pasaran. Untuk itu pihaknya telah menyalurkan bantuan pangan di wilayah Sulselbar sebesar 8.500 ton per bulan.

"Yang kedua, kita melakukan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP). Rutin setiap hari di titik-titik pasar. Kemudian rumah pangan kita dan titik-titik nanti apabila memang wilayah yang memerlukan untuk kita melakukan SPHP di wilayah tersebut kita lakukan," kata Ahmad.

Baca Juga: Pedagang Makassar: Kenaikan Harga Beras 2024 Terparah dalam 25 Tahun

3. Yang penting stok pangan mencukupi

Persediaan Beras di Sulsel Aman Selama Ramadan, Stok Capai 59.000 Ton Beras subsidi dari pemerintah adalah yang termurah saat ini, namun stok jug terbatas, Senin (4/3/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menyatakan peninjauan ini untuk mengecek ketersediaan bahan pangan di pasaran. Dari peninjauannya, dia melihat antusiasme masyarakat berbelanja di hari pertama Ramadan cukup besar.

"Jadi kami sengaja datang hari ini walaupun hari libur. Kita sengaja datang karena ini hari pertama puasa. Kita mau cek dan pastikan stok pangan dan bahan pokok di masyarakat mencukupi, yang penting barangnya ada dan mencukupi," kata Bahtiar.

Baca Juga: Harga Beras Melambung di Timika, Tembus Rp18 Ribu per Kg

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya