Comscore Tracker

Penyekatan Arus Mudik Lebaran di Sulsel Berakhir 17 Mei 2021

Total 2.481 kendaraan pemudik yang diminta putar balik

Makassar, IDN Times - Masa larangan mudik lebaran berakhir 17 Mei 2021 besok. Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan (Dishub Sulsel) pun menyatakan penyekatan juga otomatis berakhir.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah, tidak ada penambahan jadwal penyekatan meskipun ada kemungkinan arus balik dari pemudik yang sempat lolos saat penyekatan.

"Secara normatif karena mudik ditiadakan maka arus balik juga tidak ada," kata Arafah kepada IDN Times via WhatsApp, Minggu (16/5/2021).

1. Lalu lintas menuju Makassar masih sepi

Penyekatan Arus Mudik Lebaran di Sulsel Berakhir 17 Mei 2021Tidak ada penyekatan di perbatasan Makassar-Gowa di Jalan Aroepala (Hertasning), Minggu (9/5/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Selain itu, kata Arafah, arus lalu lintas dari sejumlah kabupaten menuju Makassar masih sepi. Antara lain dari Kabupaten Maros, Pangkep, Takalar dan Jeneponto. 

Menurut Arafah, sepinya arus lalu lintas itu disebabkan masih adanya pos penyekatan perbatasan antardaerah. Saat ini, petugas di sejumlah perbatasan masih menghentikan kendaraan dan memeriksa kelengkapan berkas dan surat tugas pengendara.

"Karena penyekatan masih berjalan sampai hari Senin tanggal 17. Jika ada peningkatan jumlah kendaraan, diprediksi akan terjadi puncaknya pada tanggal 22 - 23 Mei," kata Arafah.

2. Tim gabungan masih memantau perbatasan

Penyekatan Arus Mudik Lebaran di Sulsel Berakhir 17 Mei 2021Ilustrasi penyekatan kendaraan. (IDN Times/ Khaerul Anwar)

Meski aturan mudik akan segera berakhir, Dishub dan semua tim yang tergabung dalam operasi ketupat masih terus memantau perbatasan wilayah di Sulsel. Soal kemungkinan adanya peningkatan jumlah kendaraan pada 22 - 23 Mei 2021 itu, Arafah mengatakan pihaknya masih akan membahas lebih lanjut.

Pasalnya, Arafah menduga sudah banyak masyarakat yang mudik lebih dulu sebelum tanggal 6 Mei saat aturan larangan mudik mulai berlaku. 

"Akan dikoordinasikan dengan Ditlantas Polda dengan unsur terkait lainnya," katanya.

Baca Juga: Larangan Mudik Aglomerasi, Wilayah Mamminasata di Sulsel Dijaga Ketat

3. Sebanyak 2.481 kendaraan diminta putar balik

Penyekatan Arus Mudik Lebaran di Sulsel Berakhir 17 Mei 2021Ilustrasi petugas polisi menghalau pemudik. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Sejak berlakunya aturan larangan mudik hingga 15 Mei 2021, Dishub Sulsel mencatat total 2.481 kendaraan yang diminta putar balik karena tidak memenuhi syarat. Jumlah itu sudah termasuk kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, serta kendaraan umum seperti bus.

"Paling banyak yang diminta putar balik itu di area Mamminasata. Ada juga dua bus dari arah Tana Toraja menuju Makassar diminta putar balik di Parepare," kata Arafah.

Baca Juga: Hanya Pos Pantau, Tak Ada Penyekatan Pemudik di Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya