Comscore Tracker

Pemkab Toraja Didorong Subsidi Tiket untuk Wisatawan

Jokowi dijadwalkan meresmikan Bandara Buntu Kunik

Makassar, IDN Times - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meninjau proyek pembangunan bandara Buntu Kunik di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Senin (31/8/2020). Rencananya, proyek yang menggunakan dana APBN ini tak lama lagi bakal diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Sebagaimana diketahui, bandara ini telah mulai beroperasi setelah uji coba runaway pada 12 Agustus lalu. Bandara ini juga sudah dapat melayani pesawat jenis ATR-72 pada bulan Agustus 2020 ini.

"Kunjungan kali ini untuk melihat tahap progres pembangunan, sebelum diresmikan oleh Bapak Presiden. Kami atas nama Pemprov Sulsel memberikan apresiasi kepada Bapak Presiden dalam pembangunan bandara ini," kata Sudirman.

Baca Juga: Bandara Buntu Kunik Tana Toraja Akhirnya Didarati Pesawat 

1. Bandara Buntu Kunik dibangun untuk menopang pariwisata

Pemkab Toraja Didorong Subsidi Tiket untuk WisatawanBandara Buntu Kunik Tana Toraja pertama kali didarati pesawat, Rabu (12/8/2020). Humas Pemprov Sulsel

Bandara Buntu Kunik merupakan salah satu proyek yang masuk dalam RPJMN 2019-2024. Proyek multi years ini dibangun di atas tanah seluas 141 hektare. Bandara ini memiliki luas bangunan terminal 1000 m² dengan kapasitas 150 orang. Taxiway  berukuran 124,5 m x 15 m dan panjang apron 94,5 m x 67 m.

Bandara ini dibangun dengan ciri khas Toraja. Terdapat tongkonan tepat di depan bandara. Sebagian bandara ini, bercorak batik dengan nuansa warna coklat dan putih. 

Sudirman mengatakan, pemerintah wajib hadir untuk memastikan bahwa penerbangan di bandara baru ini difungsikan lebih maksimal, terutama untuk menopang sektor wisata.

"Pemprov Sulsel telah men-support dalam pembangunan bandara ini melalui bantuan keuangan untuk pembangunan, pembukaan dan pengaspalan jalan akses bandara Buntu Kunik dari APBD Tahun Anggaran 2019 dan APBD Tahun Anggaran 2020," kata Sudirman.

2. Wagub minta Pemkab hadirkan subsidi tiket khusus wisatawan

Pemkab Toraja Didorong Subsidi Tiket untuk WisatawanWagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meninjau Bandara Buntu Kunik Tana Toraja, Senin (31/8/2020). Humas Pemprov Sulsel

Dalam kesempatan itu, Sudirman mendorong Pemkab Tana Toraja agar memaksimalkan Bandara Buntu Kunik. Dia menyarankan Pemkab Tana Toraja menghadirkan subsidi tiket khusus untuk wisatawan.

Dengan adanya subsidi itu, kata dia, maka akan meningkatkan wisatawan mancanegara maupun domestik yang ke Tana Toraja. Maka dari itu, dia mendorong pemerintah menjamin tersedianya alokasi anggaran subsidi tiket penerbangan.

"Kita minta Pemda memberi subsidi dengan bekerja sama Pemprov dan Pemerintah pusat sehingga airlines atau maskapai yang beri pelayanan transportasi udara, akan selalu ada," katanya.

3. Wagub berharap landasan pacu diperpanjang

Pemkab Toraja Didorong Subsidi Tiket untuk WisatawanWakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Istimewa

Sudirman juga menyampaikan agar Pemkab dan Pemprov terus bersinergi dalam membangun infrastruktur sarana maupun prasarana untuk menonjolkan wisata kearifan lokal, budaya dan panorama alam.

Jika wisatawan meningkat, maka akan menjadikan lokasi destinasi pariwisata semakin menggeliat. Selain itu juga memberikan efek peningkatan perekonomian bagi masyarakat di Tana Toraja dan sekitarnya. 

Sudirman juga berharap, runaway atau landasan pacu Bandara Buntu Kunik bisa diperpanjang hingga 3200 meter. Apalagi saat ini, pemerintah pusat juga tengah merancang program dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

"Kita butuh ekspansi dari 1900, menjadi runway 3200 meter. Pemerintah pusat membantu akses direct flight domestik maupun internasional, tanpa transit ke Makassar. Jadi bisa mempersingkat (penerbangan)," katanya. 

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya