Comscore Tracker

Pelajar di Sulsel Mulai Divaksinasi, Sudah Siap Sekolah Tatap Muka?

Gubernur Sulsel teken Surat Edaran sekolah tatap muka

Makassar, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 untuk pelajar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai dilaksanakan. Ribuan pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat divaksinasi di SMPN 40 dan SMKN 10 Makassar, Rabu (14/7/2021). Lalu bagaimana dengan sekolah tatap muka?

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan surat edaran untuk sekolah tatap muka terbatas telah diterbitkan sebelumnya, terutama untuk daerah 3 T (tertinggal, terdepan, dan terluar), ataupun daerah kecamatan berstatus zona hijau penularan virus.

"Kemudian yang kuning ada pemberlakuan beberapa persen, tidak lain adalah memberikan pengaturan kepada kebijakan kepala daerah kabupaten kota yang sudah memberlakukan tatap muka secara parsial," kata Sudirman di SMKN 10 Makassar, Rabu (14/7/2021).

1. Tergantung pemerintah daerah

Pelajar di Sulsel Mulai Divaksinasi, Sudah Siap Sekolah Tatap Muka?Ilustrasi siswa (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Pemprov Sulsel telah mengeluarkan Surat Edaran Gubernur Sulsel Nomor : 443.2/6677/DISDIK tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi COVID-19 di Sulawesi Selatan. Surat edaran itu diteken oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada 6 Juli 2021 lalu.

Ketentuan sekolah tatap muka dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa hal. Salah satunya harus mendapat persetujuan dari kepala daerah selaku Ketua Satuan Tugas COVID-19 daerah masing-masing.

"Supaya aturannya jelas bahwa kita tetap memonitor, mengontrol dan tentu harus pada akhirnya izin daripada kepala daerah wali kota bupati karena mereka yang memiliki warga langsung," kata Sudirman.

2. Vaksinasi berjalan bersamaan sekolah tatap muka terbatas

Pelajar di Sulsel Mulai Divaksinasi, Sudah Siap Sekolah Tatap Muka?Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar SMA di SMKN 10 Makassar, Rabu (14/7/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Sudirman menjelaskan, vaksinasi untuk pelajar akan tetap berjalan seiring dengan berlakunya sekolah tatap muka terbatas. 

"Pokoknya kita targetkan 4,7 juta, untuk lansia, remaja dan masyarakat umum," katanya.

Dia menyebut sebagian sekolah sebenarnya sudah ada yang belajar tatap muka terbatas berbasis zona sesuai isi surat edaran tersebut. Di sisi lain, beberapa sekolah tetap ada yang mengusulkan sekolah tatap muka secara penuh.

"Ini lagi mendata karena memang terbagi-bagi. Ada yang dari daerah terpencil, ada di daerah, di perkotaan ada beberapa kecamatan yang memang selalu zona hijau mereka buka juga, di beberapa desa," katanya.

3. Diharapkan mempercepat sekolah tatap muka

Pelajar di Sulsel Mulai Divaksinasi, Sudah Siap Sekolah Tatap Muka?Ilustrasi siswa (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel, Hery Sumiharto, berharap pelaksanaan vaksinasi pelajar makin membuka kesempatan untuk sekolah tatap muka. Karena sudah banyak anak-anak yang merindukan lingkungan sekolah.

"Kita berharap semua anak-anak kita bisa. Tetapi kita juga harus ada izin dari orangtua. Mudah-mudahan dengan vaksin ini bisa memulai nanti ke depan untuk tatap muka. Kita berharap ada manfaat dari vaksin," ujar Hery.

Hery menyebut pelajar saat ini tengah mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) secara daring. 

"Tetapi di sebagian besar daerah seperti yang disampaikan Plt bahwa untuk zona-zona yang hijau silakan tatap muka, itupun masih terbatas 25 persen," katanya.

Baca Juga: Sekolah di Makassar Sudah Siap Belajar Tatap Muka, Ayah-Bunda Setuju?

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya