Comscore Tracker

Makassar Terapkan PPKM Level 4 Mulai Senin Besok, Tidak Ada Penyekatan

Danny sebut tidak ada penyekatan 

Makassar, IDN Times - Terhitung besok, Senin 26 Juli hingga Minggu 8 Agustus 2021, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan PPKM level 4 tidak jauh berbeda dengan PPKM Darurat yang sempat berlaku di Jawa dan Bali. PPKM Level 4 ini merupakan instruksi dari pemerintah pusat mengingat Makassar juga kembali berstatus zona merah.

"Ini kan (tanggal) 25, hari ini berakhir PPKM mikro. Kemudian Senin 26 (Juli) sampai 8 Agustus, yang harus kami terapkan," ujar Danny di kediamannya di Jalan Amirullah Makassar, Minggu (25/7/2021).

1. Pemkot Makassar belum terbitkan surat edaran

Makassar Terapkan PPKM Level 4 Mulai Senin Besok, Tidak Ada PenyekatanWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat memberikan arahan kepada pejabatnya di Kantor Wali Kota Makassar, Senin (1/3/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Danny menyampaikan surat edaran untuk PPKM Level 4 belum diterbitkan. Hal itu karena pihaknya belum menerima dokumen dari pemerintah pusat terkait aturan PPKM Level 4. 

"Tergantung dari pemerintah pusat. Aturannya belum sampai di saya, saya belum bisa sampaikan apa yang mesti saya lakukan," ucapnya.

Namun berdasarkan hasil rapat bersama Kemendagri kemarin, PPKM Level 4 Makassar sudah berlaku mulai besok. Danny pun mengakui aturan ini minim sosialisasi.

"Ini bukan persoalan sosialisasi karena ini persoalan darurat. Yang tahu pemerintah. Yang jelas adalah ini hasil dari kerja-kerja kita semua. Kalau semua disiplin, siapa juga mau PPKM Level 4," katanya.

2. Diharapkan tak jauh berbeda dari PPKM mikro

Makassar Terapkan PPKM Level 4 Mulai Senin Besok, Tidak Ada PenyekatanIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Meski begitu, Danny berharap aturan dalam PPKM Level 4 ini nantinya tidak berbeda jauh dengan PPKM mikro yang selama ini berlaku. Hanya saja pasti nanti akan lebih ketat dibandingkan sebelumnya.

"Sebenarnya apa yang kita lakukan sekarang tidak terlalu banyak bedanya. Misalnya restoran untuk online 24 jam. Sama cuma ada pengetatan sedikit. Tidak banyak bedanya dengan level oranye, merah," katanya. 

Soal aturan pernikahan yang banyak dipertanyakan publik, Danny enggan memastikan dan masih akan mempelajari baik-baik. Karena aturan ini pasti akan berdampak banyak, belum lagi pasti sudah ada masyarakat yang sudah menyebar undangan.

"Sementara tetap 25 persen (kapasitas) tapi besok kan berakhir yang oranye itu kemudian berlaku level 4," kata Danny.

Baca Juga: Dampak PPKM Mikro di Makassar, Industri Perhotelan Terancam Kolaps

3. Tak ada penyekatan wilayah

Makassar Terapkan PPKM Level 4 Mulai Senin Besok, Tidak Ada PenyekatanPetugas gabungan memutar balik pengendara saat penyekatan pelarangan mudik dan jalur wisata di Cikole, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (15/5/2021).(ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Berkaitan dengan PPKM Level 4 ini, ada juga isu tentang penyekatan wilayah bagi warga yang ingin masuk ke Makassar. Tapi Danny justru mengaku tak pernah membaca mengenai aturan penyekatan.

"Saya tidak melihat ada penyekatan di situ. Tapi pembatasan yang lebih daripada yang sebelumnya," katanya.

Danny juga memastikan sektor esensial seperti energi dan kesehatan tetap buka selama masa PPKM Level 4. Karena itu, dia pun meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Selama kita mau disiplin, kalau kita sabar sampai tanggal 8, insyaallah menurun," katanya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Bolehkan Resepsi Pernikahan saat PPKM, Ini Aturannya

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya