Ini Isi Paket Sembako yang Bakal Dibagikan ke 60 Ribu Warga Makassar

Pemkot Makassar harap sembako itu cukup untuk sebulan

Makassar, IDN Times - Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menekankan validasi data penerima bantuan sembako untuk warga yang terkena dampak virus corona atau COVID-19. Menurutnya, penyaluran bantuan untuk persiapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini harus mengutamakan warga yang paling terdampak.

Hal itu disampaikan Iqbal saat mengunjungi lokasi penyiapan atau pusat distribusi sembako di gudang Kawasan Industri Makassar (Kima) dan PT Pertani Persero Cabang Sulsel, Jl Sudirman, Makassar, Minggu (19/4).

“Utamakan dulu yang paling terdampak, seperti saudara-saudara kita yang kurang mampu, kategori miskin, yang terkena pemutusan hubungan kerja imbas dari pandemi ini. Makanya data penerima harus valid sehingga penyaluran bantuan tepat sasaran. Proses distribusinya juga harus diatur agar tidak ada penumpukan warga,” kata Iqbal dalam siaran persnya.

1. Penyaluran bantuan sembako dilakukan bertahap

Ini Isi Paket Sembako yang Bakal Dibagikan ke 60 Ribu Warga MakassarIlustrasi sembako (IDN Times/Daruwaskita)

Paket sembako tersebut merupakan upaya Pemkot Makassar untuk memaksimalkan penerapan PSBB yang dilaksanakan pada 24 April hingga 7 Mei mendatang.

Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Mukhtar Tahir mengatakan, penyaluran sembako ini akan dilakukan secara bertahap dan mengutamakan kepada warga yang paling terdampak.

“Kita mulai dulu ke saudara kita yang paling terdampak seperti yang berprofesi sebagai tukang becak, pemulung, yang mengalami PHK, yang kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan sejenisnya,” Mukhtar menerangkan.

2. Bantuan diantarkan langsung ke rumah warga

Ini Isi Paket Sembako yang Bakal Dibagikan ke 60 Ribu Warga MakassarIlustrasi bagi-bagi sembako (IDN Times/Hilmansyah)

Pemerintah Kota Makassar memang akan membagikan bantuan sembako kepada 60.000 keluarga. Rencananya, bantuan itu akan mulai didistribusikan pada 21 April atau lusa mendatang.

Penyaluran sembako dilakukan tim dengan mendistribusikan langsung ke lokasi domisili penerima. Warga yang menerima bantuan juga tidak diperkenankan mengambil langsung sembako karena menghindari kerumunan warga. 

"Karenanya semua data penerima harus memiliki alamat yang akurat. Data penerima juga dilengkapi nomor kontak sehingga bisa dihubungi petugas," katanya.

Baca Juga: PSBB Makassar: 60 Ribu Keluarga Dijanji Sembako, Dibagikan 21-22 April

3. Paket sembako diharapkan mencukupi selama masa PSBB, apa saja isinya?

Ini Isi Paket Sembako yang Bakal Dibagikan ke 60 Ribu Warga MakassarIlustrasi bahan pokok (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Mukhtar mengatakan satu kepala keluarga akan mendapatkan satu paket sembako. Paket itu berisi beras 10 kilogram, mi instan satu dos, gula pasir, minyak goreng, susu kaleng, sarden, sabun mandi, sabun cuci pakaian, pasta gigi, dan sabun cuci piring. 

"Sembako akan digunakan dalam kebutuhan satu bulan, atau paling tidak mencukupi kebutuhan selama masa PSBB berlangsung," katanya.

Baca Juga: Catat! Ini 6 Titik Masuk Makassar yang Bakal Diperiksa Ketat Saat PSBB

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya