Comscore Tracker

Ikut Joget saat Pekerja THM Demo, Anggota Satpol PP Makassar Diperiksa

Kasatpol PP siap pasang badan membela anggotanya

Makassar, IDN Times - Tiga anggota Satpol PP Makassar dipanggil oleh polisi sebagai saksi atas aksi demo pekerja tempat hiburan malam (THM) yang berlangsung di Kantor Wali Kota Makassar kemarin. Aksi tersebut dinilai melanggar protokol kesehatan karena menimbulkan kerumunan.

Terkait hal ini, Kepala Satpol PP Makassar, Iman Hud, menyebutkan, jumlah anggotanya yang bertugas saat demo tersebut tidak sebanding dengan jumlah massa yang hadir. 

"Harus ditahu bagaimana kronologinya. Kamu tahu tidak bagaimana di lapangan ketika berhadapan massa yang lebih banyak," kata Iman, Kamis (11/2/2021).

1. Kasatpol PP siap pasang badan

Ikut Joget saat Pekerja THM Demo, Anggota Satpol PP Makassar DiperiksaSatpol PP Kota Makassar sidak pelanggar PSBB di Makassar. IDN Times/Satpol PP Makassar

Dalam hal ini, Iman menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk menjalankan tugasnya. Namun dia mengaku siap pasang badan untuk anggotanya dalam aksi tersebut.

"Kalau memang pada akhirnya saya salah, saya siap dicopot. Saya siap menerima hukum apapun," kata Iman.

2. Satpol PP belum gajian

Ikut Joget saat Pekerja THM Demo, Anggota Satpol PP Makassar DiperiksaSatpol PP Kota Makassar sidak pelanggar PSBB di Makassar. IDN Times/Satpol PP Makassar

Di sisi lain, Iman juga mengungkapkan soal ada puluhan anggotanya yang belum menerima gaji sejak Desember 2021, termasuk tiga orang yang diperiksa sebagai saksi tersebut. Menurutnya, masalah ini seharusnya menjadi perhatian lebih.

Maka dia menilai wajar jika ada anggota Satpol PP yang turut berjoget saat aksi demo pekerja THM tersebut. Namun dia menegaskan anggotanya yang ikut berjoget bukan berarti mendukung pelanggaran protokol kesehatan.

"Ada yang mau joget itu urusannya. Adakah orang yang mau melarang joget . Bukan berarti joget itu dia biarkan masuk," kata Iman.

Baca Juga: Pj Wali Kota Minta Pekerja THM di Makassar Bersabar Dulu

3. Pekerja THM mainkan musik saat demo

Ikut Joget saat Pekerja THM Demo, Anggota Satpol PP Makassar DiperiksaPekerja hiburan malam demo dengan memainkan musik Dj di Kantor Wali Kota Makassar, Rabu (10/2/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelumnya, ratusan orang pekerja THM yang tergabung dalan Aliansi Pekerja Hiburan Kota Makassar menggelar unjuk rasa di halaman Kantor Wali Kota Makassar, Rabu, 10 Februari 2021. Mereka menolak kebijakan pembatasan jam malam yang dinilai telah merugikan mereka. 

Mereka menilai kebijakan Pemerintah Kota Makassar itu telah membuat mereka jadi susah bekerja. Sebab pekerjaan mereka sebagian besar baru berjalan di malam hari.

Sebagai bentuk protes, mereka memainkan musik Dj. Hal itupun sontak membuat massa aksi langsung berjoget.

Baca Juga: Demo, Pekerja THM Mainkan Musik di Balai Kota Makassar

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya