Comscore Tracker

F8 Makassar Bakal Hadir Kembali Setelah Vakum Dua Tahun

Kick off pariwisata Makassar

Makassar, IDN Times - Setelah vakum dua tahun, Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 akhirnya akan digelar kembali di anjungan Pantai Losari. Jika tak ada kendala, event tersebut bakal dihelat pada 7 - 9 September 2022. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Moh Roem, menyatakan pihaknya siap menyukseskan event Makassar F8. Pihaknya menyiapkan sejumlah program, promosi, dan dokumentasi.

"Juli jalan ke semua duta besar lagi, kita harapkan ini recovery, karena nuansa ini internasional," kata Roem, Rabu (22/6/2022).

1. Terakhir digelar tahun 2019

F8 Makassar Bakal Hadir Kembali Setelah Vakum Dua TahunANTARA FOTO/Arnas Padda

Event Makasssar F8 terakhir digelar pada 2019. Sejak saat itu, F8 tidak lagi dikelola oleh Pemerintah Kota Makassar melainkan telah dikelola sepenuhnya oleh pihak swasta. 

Meski begitu, Pemkot Makassar melalui Dinas Pariwisata tetap menganggarkan Rp2 miliar untuk menyukseskan event internasional tersebut. Hanya saja, anggaran tersebut tidak diberikan dalam bentuk tunai.

"Kami hanya mendukung, dalam bentuk program," katanya.

2. Masuk dalam event pariwisata nasional

F8 Makassar Bakal Hadir Kembali Setelah Vakum Dua TahunANTARA FOTO/Arnas Padda

Makassar F8 merupakan salah satu agenda pariwisata andalan Kota Makassar yang dimulai pada tahun 2016. Namun pelaksanaannya terhenti pada 2020 dan 2021 akibat pandemik COVID-19 yang memaksa pembatasan aktivitas masyarakat.

Kegiatan itu telah masuk dalam event pariwisata nasional sejak 2017 hingga 2019. Pada 2020, F8 juga terpilih dalam daftar Top 10 Wonderful Event Indonesia. Terbaru, event ini juga masuk dalam Kalender Event Kharisma Nusantara 2022. 

"F8 ini sudah jadi event yang diakui pemerintah pusat, bahkan sudah masuk dalam KEN 2022. Makanya pemerintah pusat juga ambil bagian di situ," katanya.

Baca Juga: Wisata Edukasi di Makassar, 4 Tempat Rekomendasi untuk Dikunjungi

3. Jadi kick off pariwisata Makassar

F8 Makassar Bakal Hadir Kembali Setelah Vakum Dua TahunWarga melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengaku sudah ada beberapa provinsi yang menyatakan kesiapannya untuk ikut dalam event Makassar F8. Salah satunya yakni tim Jawa Barat dan Bali yang akan meninjau langsung ke Makassar.

Danny pun menginstruksikan kepada seluruh OPD untuk menyebar undangan ke provinsi lainnya di Indonesia agar ambil bagian dalam kegiatan ini. Dia bahkan berharap event ini bisa dibuka secara langsung oleh Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo. 

"Karena ini masuk event pariwisata skala nasional, saya kira kita akan bangga jika dibuka oleh Presiden, karena ini menjadi kick off pariwisata," kata Danny.

Baca Juga: 5 Aktivitas Wisata Menarik di Pantai Losari Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya