F8 Makassar 2024 Bakal Bertabur Artis Papan Atas, Ini Jadwalnya

Digelar selama lima hari

Intinya Sih...

  • Makassar International Eight Festival & Forum (F8) kembali digelar pada 24-28 Juli 2024 dengan tema The Unity.
  • Acara ini akan menampilkan artis papan atas ibu kota dan lokal Makassar, serta program bagi seniman yang belum memiliki HAKI.
  • F8 juga akan memperkenalkan program baru yaitu Makassar Sekalia' yang menampilkan seluruh konten berbau Makassar.

Makassar, IDN Times - Makassar International Eight Festival & Forum atau Makassar F8 bakal hadir kembali. F8 bakal digelar dari tanggal 24-28 Juli 2024 mendatang.

F8 kali ini mengangkat tema The Unity. Dengan tema tersebut, diharapkan adanya saling support dan membentuk kekuatan di tengah perbedaan sehingga menghadirkan pertunjukan yang selalu menarik.

Adapun lokasi F8 akan dipusatkan di Tugu MNEK sebagai zona panggung utama. Sementara zona konser ditempatkan di Anjungan Pantai Losari yang sebelumnya merupakan panggung utama dan konser.

"Di area itu lebih luas sehingga memungkinkan panggung konser lebih luas dari sebelumnya," kata Direktur Utama PT Festival Delapan, Sofyan Setiawan, pada Konferensi Pers F8 di Kapal Pinisi Pemkot Makassar, Anjungan Pantai Losari, Senin, (1/07/2024).

1. Ada berbagai kegiatan menarik

F8 Makassar 2024 Bakal Bertabur Artis Papan Atas, Ini JadwalnyaOpening ceremony F8 di anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu (23/8/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Hiburan musik F8 akan diisi artis papan atas ibu kota artis lokal Makassar. Di antaranya yaitu Mahalini, Netral, Aditya Sofyan, HIVI, Nidji, Ridwan Sau, Dj Parade dan masih banyak lagi.

Ada pula program bagi seniman Makassar yang belum miliki HAKI seperti lagu daerah dan film akan didaftarkan ke Menkumham.

Ada juga talkshow dengan sutradara film asli Makassar, penulis film Keluar Main dan proyek buku yang ditulis sepanjang pelaksanaan F8 sebagai legacy dan diserahkan ke Wali Kota Makassar.

Selain itu, tamu luar negeri juga menghadirkan Singapura, India, Jepang Hongkong, Brunei, dan 10 negara di MIF nanti. Masing-masing menampilkan desainer fashion dan folks.

2. Hadirkan program Makassar Sekalia

F8 Makassar 2024 Bakal Bertabur Artis Papan Atas, Ini JadwalnyaOpening ceremony F8 di anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu (23/8/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Selain itu, ada pula program baru yang akan diperkenalkan yaitu Makassar Sekalia'. Makassar Sekalia merupakan pertunjukan yang memperlihatkan seluruh konten berbau Makassar yang digelar pada hari kedua F8.

"Hal baru di F8 ialah pada hari kedua ada tema khusus yaitu Makassar Sekalia'. Di situ ada kuliner, penyanyi, dan lainnya yang khas Makassar," kata Wawan.

Di sana, semua bernuansa Makassar. Hal ini diharapkan semakin mendukungnya apapun yang relevan dengan budaya Makassar.

Baca Juga: Dispar Makassar Prediksi Okupansi Hotel Naik 25 Persen Selama F8

3. Mengundang arsitek bambu

F8 Makassar 2024 Bakal Bertabur Artis Papan Atas, Ini JadwalnyaOpening ceremony F8 di anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu (23/8/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengaku pihaknya telah mengundang arsitek bambu untuk menambah daya tarik suasana dan nuansa F8. Ini juga bertujuan sebagai latar berswafoto bagi para pengunjung.

"Kita undang arsitek bambu desainnya sangat menarik. Karena ini sangat ikonik sekali. Arsitek bambu ini terbaik di Indonesia. Dari situ kita butuh tempat swafoto dan itulah yang jadi memorable dari F8," kata Danny.

Dengan begitu, Danny berharap F8 semakin baik dan semakin memorable. Pihaknya ingin berusaha menciptakan nuansa F8 yang berbeda dan terbaik.

"Terutama jadi standar kita yang terus mengglobal dengan nilai Makassarnya karena itulah yang kita 'jual', katanya.

Baca Juga: Icip-icip Menu Kuliner Bertema Harry Potter di F8 Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya