Danny Serahkan SK Penetapan Lokasi Tol Makassar New Port ke Pelindo

Ratusan lahan warga akan dibebaskan untuk tol MNP

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menyerahkan Surat Keputusan (SK) penetapan lokasi pembangunan akses jalan tol Makassar New Port (MNP) kepada Pelindo, Senin (22/11/21). Penyerahan SK berlangsung di Kantor Regional 4 PT Pelindo, Jalan Soekarno No 1 Makassar. 

Lokasi pembangunan akses tersebut berlokasi di dua kelurahan yakni Kelurahan Kaluku Bodoa dan Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo Kota Makassar. 

“Hari ini kita sudah melangkah satu tahap lebih maju. Sebuah tugas negara yang tidak mudah namun telah kita jalani dan salah satu point paling penting pun hari ini sudah terlaksanakan,” ucap Danny.

1. Pemerintah telah meyakinkan masyarakat setempat

Danny Serahkan SK Penetapan Lokasi Tol Makassar New Port ke PelindoWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat peresmian tol layang Pettarani, Kamis (18/3/2021). Humas Pemkot Makassar

Danny mengatakan proses penyerahan SK tersebut bisa cepat terwujud berkat keterlibatan banyak pihak. Mereka adalah camat, lurah, tokoh masyarakat dan tim Bassi Baraniya yang telah meyakinkan masyarakat untuk mendukung proyek tersebut.

Dia mengatakan bahwa pembangunan ini penting agar memperlancar pergerakan arus lalu lintas dari dan ke ruas Jalan Tol Reformasi dan ruas Tol Ir. Sutami dengan Pelabuhan Makassar New Port. 

"Dan ini akan menjadi pelabuhan terdalam dan terbaik di Indonesia,” sebutnya

2. Ratusan lahan warga akan dibebaskan

Danny Serahkan SK Penetapan Lokasi Tol Makassar New Port ke PelindoIlustrasi pembangunan jalan tol. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Sebelumnya diberitakan, lahan milik warga di Kelurahan Buloa dan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo akan dibebaskan untuk proyek jalan tol menuju pelabuhan Makassar New Port.

"Untuk proyek MNP ini ada 141 lahan warga yang akan dibebaskan untuk mendukung Program Makassar New Port," kata Danny dikutip dari Antara, Senin (21/11/2021).

Pembebasan lahan ditargetkan selesai pada awal Desember 2021 mendatang. Sedangkan pelaksanaan pembangunan awal akan dimulai pada akhir Desember 2021.

3. Pembangunan akses jalan diperkirakan dua tahun

Danny Serahkan SK Penetapan Lokasi Tol Makassar New Port ke PelindoAktivitas bongkar muat peti kemas di Makassar New Port, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (11/7/2019). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp.

Pembangunan Jalan Tol MNP ini bisa juga mengurai kepadatan lalu lintas dari dan ke Makassar New Port dan dapat memperlancar angkutan barang/ logistik akses langsung ke Makassar New Port. 

Total kebutuhan lahan untuk dua kelurahan tersebut seluas kurang lebih 2 Ha. Adapun rencana pelaksanaan pembangunan kontruksi akses Jalan Tol Makassar New Port diperkirakan kurang lebih 730 hari atau 2 tahun. 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya