Danny Pertimbangkan Salat Id Berjemaah di Lapangan Karebosi Makassar

Tapi Danny Pomanto ragu protokol kesehatan dipatuhi jemaah

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto masih mempertimbangkan lokasi pelaksanaan salat Idulfitri 1442 Hijriah di tempat terbuka, salah satunya di Lapangan Karebosi.

Namun, Danny menilai penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 belum tentu bisa berjalan maksimal meski Karebosi berada di lokasi terbuka.

"Kalau kita di Karebosi membuat jarak dengan prokes pada saat salat insyallah bisa kita kendalikan. Tapi masuk keluarnya itu yang susah," kata Danny saat rakor terkait penegakan protokol kesehatan di Balaikota Makassar, Senin (3/5/2021).

1. Danny pertimbangkan Salat Id di lingkup RT/RW

Danny Pertimbangkan Salat Id Berjemaah di Lapangan Karebosi MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Saat ini, kata Danny, Salat Id bisa dilaksanakan di lapangan tapi dengan kapasitas yang masih kecil. Bahkan dia mempertimbangkan supaya salat dilaksanakan di lapangan yang berada di lingkup RT/RW.

"Pikiran saya, yang pertama, Salat Id harus di luar masjid. Takutnya masjid membludak. Jadi kita sebar jangan dipusatkan," kata Danny.

Pada pelaksanaan Salat Id tahun lalu, pemerintah meniadakan salat di lapangan maupun di masjid karena adanya pembatasan. Alhasil, masyarakat hanya dibolehkan melaksanakan Salat Id di rumah masing-masing.

2. Sejumlah tradisi lebaran ditiadakan

Danny Pertimbangkan Salat Id Berjemaah di Lapangan Karebosi Makassar(Ilustrasi malam takbiran) ANTARA FOTO

Selain itu, Danny juga akan meniadakan sejumlah tradisi lain yang biasa digelar menjelang atau setelah lebaran. Sebut saja, pawai takbiran di malam lebaran, open house dan halal bihalal dari rumah ke rumah.

Semua tradisi ini, kata Danny, tidak boleh digelar selama masih dalam suasana pandemik COVID-19. Dia sendiri bahkan mengaku tak ingin menggelar open house.

"Setelah Salat Id, langsung halal bihalal di lokasi lebaran.Tidak perlu salaman dan kalau kita mau takbiran, saya kira di situ juga tempatnya. Intinya kita tidak mau lengah dalam agenda apapun," kata Danny.

Baca Juga: Danny Geram, Ancam Cabut Izin Mal di Makassar yang Melanggar Prokes

3. Pemkot masih tunggu arahan pemerintah pusat

Danny Pertimbangkan Salat Id Berjemaah di Lapangan Karebosi MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Meski melontarkan pernyataan soal lokasi pelaksanaan lebaran, namun dia mengaku masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Yang jelas, tambah Danny, pemerintah pusat telah menginstruksikan supaya tidak ada satu pun agenda masyarakat yang membuat lengah, termasuk soal lebaran.

"Tentang lebaran, sebenarnya kami menunggu perintah dari atas. Kita mempersiapkan diri sambil menunggu perintah," kata Danny.

Baca Juga: Indahnya Arsitektur Masjid Cheng Hoo Makassar, Instagrammable Banget!

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya