Comscore Tracker

Danny Khawatir Muncul Klaster COVID-19 Pekerja Apartemen di Makassar

78 pekerja proyek apartemen di Makassar positif COVID-19

Makassar, IDN Times - Satgas Pemburu COVID-19 (Covid Hunter) Kota Makassar sedang melacak kontak erat para pekerja proyek apartemen di Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Ujung Pandang. Puluhan dari mereka dinyatakan positif corona berdasarkan hasil tes swab beberapa hari lalu.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan saat ini Covid Hunter sedang menelusuri tempat tinggal para pekerja tersebut. Tempat kerja dalam hal ini lokasi proyek telah ditelusuri dan tempat nongkrong mereka juga akan didatangi.

"Itu lagi diinvestigasi sesuai dengan tugasnya cuma memang belum ada garisnya. Ini saya mau segera bikin garis karena mestinya digaris," kata Danny saat ditemui di Balaikota Makassar, Senin (7/6/2021).

1. Dikhawatirkan jadi klaster baru

Danny Khawatir Muncul Klaster COVID-19 Pekerja Apartemen di MakassarWali Kota Makassar Danny Pomanto memantau langsung proses vaksinasi guru di tribun lapangan Karebosi/Pemkot Makassar

Danny menjelaskan proyek pengerjaan apartemen di Jalan Jenderal Sudirman Makassar kini dihentikan sementara. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut hingga menjadi klaster baru.

"Karena itu jadi klaster baru kalau ada aktivitas. Paling tidak dua minggu itu harus stop dulu. Karena dua minggu inkubasinya," jelas Danny.

Hingga kini, Danny mengaku pihaknya belum bisa memastikan apakah jenis virus yang menjangkiti para pekerja apartemen merupakan varian baru atau bukan.

"Belum tahu varian baru. Kalau varian baru itu harus ada alatnya sendiri. Kalau tidak salah di Unhas sudah ada atau belum. Ada saya coba cek sama teman-teman di IDI," kata Danny.

2. Belum diketahui masuk lewat mana

Danny Khawatir Muncul Klaster COVID-19 Pekerja Apartemen di MakassarIlustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Awalnya ada 45 orang pekerja yang positif COVID-19. Mereka diketahui berasal dari Jawa Tengah. Tapi seiring dengan tes yang terus dilakukan, jumlah orang yang positif terus bertambah.

Danny menuturkan akan berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk pihak bandara untuk membahas hal itu lebih lanjut.

"Jadi memang yang kita perlu adalah dia masuk lewat mana ini. Jangan-jangan lewat pesawat. Kalau lewat pesawat banyaknya orang bisa lolos," ucap Danny.

Baca Juga: 238 Pekerja Proyek Apartemen di Makassar Dites Swab usai 45 Positif

3. Jumlah kasus positif bertambah

Danny Khawatir Muncul Klaster COVID-19 Pekerja Apartemen di MakassarIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebanyak 59 orang pekerja apartemen dites swab antigen dan hasilnya diketahui 7 orang positif. Kemudian, pada 1 Juni 2021, sebanyak 142 orang pekerja kembali di-swab antigen dan 33 orang di antaranya diketahui positif. Pemeriksaan berlanjut untuk 10 pekerja, pada Jumat kemarin dan hasilnya 5 orang positif. Totalnya ada 45 orang.

Pada 5 Juni 2021, pemeriksaan berlanjut pada 238 orang. Hasilnya, 33 di antaranya terkonfirmasi positif COVID-19. Tapi jumlah itu masih bersifat sementara, masih bisa bertambah. Untuk saat ini, total ada 78 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Jumlah pekerja yg mengikuti PCR swab pada Sabtu tanggal 5 Juni 2021, 237 pekerja/staf. Ada 189 (hasil yang sudah keluar), 33 yang positif. Sisanya 48 hasilnya insyaallah hari ini,"katanya.

Baca Juga: 45 Pekerja Jateng Positif COVID, Proyek Apartemen di Makassar Disegel

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya