Awal 2023, Danny Pomanto Gaungkan Mutasi Pejabat Pemkot Makassar

Sejumlah pejabat Pemkot Makassar disebut tidak maksimal

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto bakal kembali menggelar mutasi pejabat besar-besaran. Wacana ini telah berkembang sejak beberapa bulan lalu.

Danny kembali menegaskan hal tersebut saat rapat koordinasi lingkup Pemkot Makassar di Balai Kota, Selasa (3/1/2023). Dalam kesempatan ini, Danny Pomanto menegaskan akan mengganti pejabat yang tidak berkontribusi.

"Siapa yang tidak memberi kontribusi terhadap birokrasi, saya ganti bahkan saya bilang tadi kalaupun ada non job, sabar," kata Danny.

1. Mutasi dilaksanakan bertahap

Awal 2023, Danny Pomanto Gaungkan Mutasi Pejabat Pemkot MakassarBalaikota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny Pomanto menyatakan kemungkinan pergeseran pejabat akan dilaksanakan secara bertahap. Pasalnya, mutasi bersamaan berisiko menimbulkan kesalahan penempatan pejabat. Sementara mutasi yang digelar secara berkala cenderung berisiko pada non job. 

"Ada yang non job sekian hari. itu masalahnya. Saya coba lihat dulu. Memang kalau resistensinya sekaligus lebih bagus. Sekaligus orang marah atau senang," kata Danny. 

Rencananya, mutasi digelar bulan Januari ini. Namun Danny harus memastikan bahwa semua tanggung jawab pekerjaan para pejabat tersebut telah rampung.

"Selesai semua tanggung jawab ini baru saya tanda tangan (SK)," kata Danny.

2. Pejabat dimutasi setelah dievaluasi

Awal 2023, Danny Pomanto Gaungkan Mutasi Pejabat Pemkot MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny berencana memulai mutasi dari tingkat pejabat eselon II. Nama-nama pejabat yang akan digeser sudah ada karena mereka semua telah dievaluasi. 

Mutasi tersebut berkaitan dengan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam setahun terakhir. Apalagi, Danny sebelumnya telah mengumumkan kinerja OPD terbaik dan terburuk.

"Semua saya umumkan itu ada konseskuensi. Yang terbaik ada konsekuensi, yang terburuk ada konsekuensi," katanya.

Baca Juga: Danny Pomanto Perintahkan Tender Dini di 2023

3. Lelang akan dibuka untuk jabatan lowong

Awal 2023, Danny Pomanto Gaungkan Mutasi Pejabat Pemkot MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Usai mutasi jabatan, Danny Pomanto akan membuka lelang jabatan untuk mengisi jabatan yang lowong. Sejauh ini, ada 4 jabatan yang masih lowong yakni Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Satpol PP, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, serta Staf Ahli.

Jabatan-jabatan tersebut hanya diisi pelaksana tugas karena belum diisi pejabat definitif.

"Tapi kan nanti yang lowong bisa saja saya isi. Yang lowong belum tahu. Makanya saya lagi modifikasi lagi termasuk yang listing di SIRUP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan). Jadi saya evaluasi dengan kegiatan terakhirnya juga," kata Danny.

Baca Juga: Danny Pomanto Perintahkan Jajaran Pemkot Makassar Siaga Dampak Banjir

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya