5 Wisma di Asrama Haji Makassar Disiapkan untuk Isolasi Pasien COVID

Asrama Haji makassar berkapasitas 500 tempat tidur

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Kementerian Agama menyiapkan fasilitas tempat isolasi pasien COVID-19 di Asrama Haji Sudiang Makassar. Lokasi ini khusus diperuntukkan bagi pasien COVID-19 tanpa gejala atau pun bergejala ringan.

Ketua Tim Ahli Bidang Kesehatan Pemprov Sulsel yang juga Dekan Fakultas Kedokteran UNHAS, Prof. Budu, menyampaikan penyediaan fasilitas ini merupakan langkah antisipatif yang perlu diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di Sulsel. Karena itu, dibutuhkan tempat alternatif selain rumah sakit rujukan COVID-19 selama ini.

"Pemprov sudah menyiapkan tempat untuk perawatan isolasi pasien COVID-19 di setiap rumah sakit, namun dengan melihat kasus saat ini maka dipersiapkan fasilitas isolasi mandiri di Asrama Haji jika kapasitas rumah tidak bisa lagi menampung," katanya dalam keterangan persnya, Senin (26/7/2021).

1. Asrama Haji siapkan lima wisma

5 Wisma di Asrama Haji Makassar Disiapkan untuk Isolasi Pasien COVIDKamar wisma di Asrama Haji Makassar. Dok. Kemenag Sulsel

Untuk tahap awal, Asrama Haji Makassar menyediakan 5 wisma sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 yaitu Wisma Uhud, Wisma Shafa, Wisma 3, 4, dan 5, serta Wisma Marhamah dan Poliklinik untuk para tenaga kesehatan. Lokasi ini direncanakan memiliki daya tampung mencapai 500 pasien.

Pasien positif COVID-19 nantinya akan mendapatkan fasilitas yang memadai. Mereka akan diberikan fasilitas layaknya hotel di mana setiap kamar berisi satu tempat tidur, bahkan dipersiapkan kamar untuk satu keluarga. 

Setiap kamar juga telah dilengkapi fasilitas kamar mandi maupun televisi sehingga pasien tidak akan bosan.

2. Pasien akan diberikan kebutuhan dasar dan didampingi nakes

5 Wisma di Asrama Haji Makassar Disiapkan untuk Isolasi Pasien COVIDIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Prof Budu menjelaskan selama pasien menjalani isolasi, mereka akan diberikan pelayanan berupa kebutuhan dasar, seperti makan, minum maupun vitamin dan suplemen. Pasien juga akan diajak olahraga, hiburan dan kegiatan lainnya. 

"Akan ada dokter yang jaga serta tenaga kesehatan yang bertanggungjawab. Untuk tenaga kesehatan disesuaikan dengan kebutuhan yang akan berafiliasi dengan rumah sakit Pemprov. Untuk tenaga non kesehatan nantinya kerjasama dengan staf atau karyawan asrama haji yang akan dilatih," katanya.

Baca Juga: Asrama Haji Makassar Siap Tampung 500 Pasien COVID-19

3. Menampung 500 orang pasien

5 Wisma di Asrama Haji Makassar Disiapkan untuk Isolasi Pasien COVIDIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Setelah diluncurkan oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, penyelenggara akan menyediakan hotline yang bisa dihubungi jika ada pasien OTG maupun bergejala ringan yang ingin isolasi mandiri di Asrama Haji.

"Insyaallah besok dilaunching. Di Asrama Haji ada banyak kapasitas bisa sampai 2.000 tempat tidur, tetapi untuk tahap awal ini kita kerjasama untuk 500 tempat tidur. Fasilitasnya seperti di kamar hotel," kata Prof Budi.

Baca Juga: 457 Kamar Asrama Haji Makassar Dipakai Isolasi COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya