Comscore Tracker

18.880 Vial Vaksin Tiba di Sulsel, Vaksinasi Dilanjutkan

Stok vaksin sempat kosong

Makassar, IDN Times - Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali mendapat kiriman vaksin jenis Sinovac sebanyak 18.880 vial. Vaksin yang terbungkus dalam 9,6 koli itu tiba di gudang penyimpanan Dinas Kesehatan Sulsel, Rabu (7/4/2021).

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengaku bersyukur atas kedatangan vaksin tambahan. Karena dengan begitu, proses vaksinasi tetap berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

"Alhamdulillah vaksin telah tiba di gudang provinsi sebanyak 18 ribu vial lebih (1 vial untuk 9 orang). Insya Allah segera direalisasikan vaksinasi lanjutan," kata Sudirman dalam keterangan tertulis, Rabu (7/4/2021).

1. Stok vaksin sempat kosong

18.880 Vial Vaksin Tiba di Sulsel, Vaksinasi DilanjutkanIlustrasi Vaksin. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sebelumnya, stok vaksin di gudang Dinas Kesehatan Sulsel sempat kosong. Bahkan, vaksinasi sempat terancam akan tertunda jika stok vaksin yang diminta ke pemerintah pusat belum tiba.

Namun Sudirman menegaskan vaksinasi harus tetap berjalan. Untuk itu dia langsung menyurat ke Kementerian Kesehatan untuk penambahan stok vaksin.

"Bukan disetop, justru kita ini tahap terakhir tahap kedua. Malahan kita sudah menghabiskan stok yang ada, tinggal yang ada masalah vaksinasi tahap kedua," katanya.

2. Vaksin segera didistribusikan ke kabupaten/kota

18.880 Vial Vaksin Tiba di Sulsel, Vaksinasi DilanjutkanVaksin Sinovac. Dok. Kementerian Kesehatan

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulsel, dr Nurul AR mengatakan, vaksin yang baru tiba itu segera didistribusikan ke kabupaten/kota supaya proses vaksinasi tetap berlanjut. 

"Insyaallah besok pagi disiapkan distribusinya ke kabupaten/kota. Tapi tetap ada stok disimpan di provinsi," kata Nurul.

Nurul mengatakan stok vaksin yang habis sempat membuat beberapa proses vaksinasi di kabupaten/kota tertunda. Namun beruntung, vaksin cepat datang sehingga proses vaksinasi dilanjutkan kembali.

"Beberapa tertunda, ada yang tetap melayani dengan vaksin yang tersedia di daerah sangat terbatas. Tapi kan cuma sehari penundaan," kata Nurul.

Baca Juga: Stok Vaksin Habis, Vaksinasi COVID-19 di Sulsel Ditunda

3. Realisasi vaksinasi baru mencapai 20 persen

18.880 Vial Vaksin Tiba di Sulsel, Vaksinasi DilanjutkanIlustrasi Penyuntikan Vaksin (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Sulsel, per Selasa 6 April 2021 tercatat sebanyak 311.919 orang (20,70 persen) yang mendapat vaksinasi dosis pertama dan 138.297 orang (9,20 persen) yang mendapat dosis kedua. Total sasaran vaksinasi untuk Sulsel yaitu 6.493.275 orang.

Jumlah tersebut meliputi 65.539 tenaga kesehatan yang menerima vaksinasi dosis pertama. Sementara tenaga kesehatan yang mendapat vaksinasi dosis kedua yaitu 59.181 orang.

Untuk pelayanan publik, vaksinasi tahap pertama sudah dilakukan kepada 230.506 orang petugas publik dan 77.375 orang telah mendapatkan dosis kedua. Target untuk kelompok ini yaitu 694. 477 orang.

Untuk kelompok lansia, vaksinasi dosis pertama baru 15.874 orang dan 1.741 orang menerima dosis kedua. Target untuk kelompok ini yaitu 753.303 orang.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Tunggu Kiriman 18.880 Vial Vaksin dari Bio Farma

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya